9 Langkah Sulit dan Mengerikan yang Harus Dilalui Trainee Kpop sebelum Debut!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 6 April 2018 | 14:10 WIB
foto: koreaboo.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Melihat Idola kita di televisi tentunya membuat kita membayangkan bagaimana jika kita sama seperti mereka. Memiliki banyak uang dan dicintai oleh banyak orang.

Kenyamanan yang mereka dapatkan merupakan hasil dari usaha yang mereka lakukan selama betahun-tahun. Bukan hanya 1 dan 2 tahun, namun seorang trainee menghabiskan waktu bisa lebih dari 5 tahun untuk menjadi seorang idol.

Berikut 9 langkah sulit yang harus dilakukan oleh trainee sebelum menjadi seorang Idol:

(Baca juga: 5 Seleb Kpop yang Terlihat Ceria Tapi Punya Masa Kecil Menyedihkan. Inspiratif banget!)

Tahap Pertama : Pre Audisi

Sebelum audisi, biasanya calon trainee ini akan menghabiskan waktu untuk berlatih di mana pun. Di sekolah, di rumah, dan di mana pun agar mampu menunjukan performa terbaik.

Tahap Kedua : Audisi Trainee

Tahap kedua merupakan tahap sesungguhnya agar bisa menjadi seorang trainee. Seseorang yang akan dipilih menjadi trainee ialah anak-anak dengan usia muda, menarik, dan tentunya berbakat.

Satu anak setidaknya “melamar” di 30 agensi. Jika beruntung, mereka akan tergabung di satu agensi, kalau tidak? Ya belajar lagi.

Tahap Ketiga : Signing Contract

Setelah lolos audisi, mereka akan ditawari untuk kontrak pada sebuah agensi antara 2 hingga 4 tahun. Perlu diketahui bahwa mereka belum tentu debut dan bersiap untuk mengikuti seluruh peraturan yang ada.

Kontrak akan lebih baik jika mereka akan bergabung dengan agensi besar, seperti SM atau JYP.

(Baca juga: 10 Boyband yang Paling Berpengaruh Sepanjnag Sejarah Kpop. Ada favoritmu?)

Tahap Keempat: Latihan yang Kejam!

Trainee yang dalam proses latihan, mereka akan diajarkan bagaimana cara menyanyi, dance, akting, dan skill dasar lainnya. Dalam latihan ini, mereka juga dinilai apakah pantas atau tidak untuk debut.

Tahap Kelima : Drop Out dari Sekolah

Ini bagian yang paling menyedihakn karena latihan selama 15 jam dari jam 10 pagi hingga 10 malam per harinya, mereka terpaksa tidak bersekolah.

Belum lagi jika mereka ada latihan tambahan. Sehingga akhirnya banyak yang putus sekolah, seperti Minzy dan Jonghyun 'SHINee'.

Tahap Keenam: Perintah Tambahan!

Ini juga yang enggak kalah beratnya, sebelum debut mereka akan dipaksa latihan terus menerus, makan dan diet yang diatur, hingga olahraga untuk membentuk tubuh. Mereka juga harus belajar tentang sex education dan etika.

Tahap Ketujuh : Pemilihan

Setelah melalui proses yang panjang dan bertahun-tahun, beberapa dari mereka biasanya memahami peluang mereka sangat kecil untuk debut.

Agensi hanya akan memilih yang mereka suka atau yang dikenal saja untuk debut.

(Baca juga: 10 Lagu Kpop Versi Akustik Terbaik yang Cocok Didengerin Saat HUjan. Mana Favoritmu?)

Tahap Kedelapan : Debut

Ya, akhirnya debut dan segalanya terbayar dengan debut ini. Sebelum debut, mereka harus berlatih lagi dan lagi.

Jika yang gagal debut mereka akan mengikuti re-training, pindah agensi atau ikut acara survival program seperti Produce 101 dan The Unit.

Ketika debut mereka juga belum tentu diterima di masyarakat dan langsung sukses.

Tahap Kesembilan : Terkenal

Jika sudah tergabung pada sebuah grup besar dan terkenal, di sini mereka masih harus melewati masa sulit namun tidak sesulit saat trainee.

Mereka akan mendapat banyak fans dan terkenal. Dan tentunya, berhasil mewujudkan cita-cita.