Fakta di Balik Seramnya Musik Film Pengabdi Setan. Bisa Memengaruhi Mood Kita Juga!

By Debora Gracia, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 12:36 WIB
Musik yang dibuat rumit ternyata ada maknanya, lho! (Debora Gracia)

Ngomongin film Pengabdi Setan enggak hanya tentang kejadian misterius di balik pembuatan filmnya, pemain-pemainnya yang keren, atau lokasi syutingnya yang horor banget. Tapi juga musik yang jadi unsur penting dan bikin filmnya semakin mencekam. Ini fakta di balik musik film Pengabdi Setan, yang ternyata bisa memengaruhi psikologi dan mood kita juga. Percaya enggak?

Bemby Gusti, salah satu komposer musik latar untuk film Pengabdi Setan mengaku bahwa musiknya dibuat cukup rumit, bahkan bisa memengaruhi psikologi dan mood manusia. Ia mengaku, konsep scoring dalam film Pengabdi Setan dibuat dengan menggabungkan beberapa unsur eksperimental.

Termasuk memakai instrumen-instrumen suara musik yang masuk dalam kategori psychoacoustic, yaitu instrumen yang bisa mengeluarkan suara untuk memengaruhi psikologi manusia. Contoh suara psychoacoustic adalah derita pintu besi berat, alat musik gesek yang dimainkan enggak bernada, nada piano rendah, hingga percakapan manusia. Instrumen ini dibuat untuk membuat penonton keluar dari zona nyaman.

(Baca juga: 4 Kejadian Misterius Sewaktu Syuting Film Pengabdi Setan. Dijamin Bikin Merinding!)

Musik di film Pengabdi Setan juga punya satu layer yang berisi infrasound, yaitu gelombang suara berfrekuensi rendah di bawah 20 hertz. Menurut Bemby, yang juga adalah salah satu member dari band Sore, infrasound ini  enggak bisa terdengar oleh manusia tapi bisa terasa seperti getaran rendah (humming) yang dapat ditangkap alam bawah sadar manusia, bahkan sering dipakai untuk eksperimen human fear dan anxiety.

Infrasound ini dikemas sesuai style musik ala film horor 80an, seperti yang jadi brief dari sutradara film Pengabdi Setan, Joko Anwar. Di akhir film, Bemby juga menyanyikan sendiri lagu yang jadi soundtrack film Pengabdi Setan. Sudah mendengarnya, girls?

Hai.id/Alvin Bahar

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul " Seramnya Musik Film Pengabdi Setan, Bahkan Bisa Memengaruhi Psikologi dan Mood Manusia"