11 Musik Video Kpop yang Dilarang Tayang dan Menimbulkan Kontroversi!

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 12 Februari 2018 | 12:30 WIB
foto: allkpop.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Kpop merupakan salah satu musik yang kini telah menyebar ke seluruh dunia. Mulai dari musik, dance, dan berbagai elemen pada kpop menjadi hal yang menarik.

Meskipun dicintai seluruh orang di dunia, nyatanya terdapat beberapa music video Kpop yang menimbulkan kontroversi hingga dilarang tayang oleh pemerintah Korea Selatan.

Larangan tersebut muncul bukan karena musiknya, namun karena music video atau lirik yang dianggap terlalu menonjolkan erotisme dan kekerasan.

Berikut 11 music video Kpop yang dilarang tayang dan menimbulkan kontroversi.

(Baca juga: 10 Lagu Korea yang Cocok Didengerin Saat Lagi Kangen Sahabat. Mana Favoritmu?)

PSY – Gentleman

Musiknya yang enak buat joget dan easy listening, nyatanya dilarang tampil karena music videonya menampilkan dance yang terlalu erotis dan enggak pantas dikonsumsi publik. Makanya, dilarang tayang oleh pemerintah Korea Selatan.

Orange Caramel – Cattalena

KBS mempertimbangkan scene yang memperlihatkan kehidupan manusia sebagai sesuatu yang remeh, terutama pada secene di mana Member Orange Caramel dibungkus di dalam plastic wrap seperti sushi.

Dalshabet – Joker

Lagu Joker dari Dalshabet ini dilarang tampil karena dianggap menunjukan koreografi yang terlalu sexy dan kata Joker sendiri dalam pelafalan Korea mirip Jok-Uh yang artinya alat kelamin wanita.

Akhirya Dalsahbet memutuskan untuk mengganti liriknya.

Stellar – Vibrato

Tidak ada yang bermasalah dari musiknya, namun konsep music video mereka terlalu seksi.

Jay Park – Mommae

Video ini juga dinilai terlalu dewasa karena ada banyak perempuan di sekitar Jay Park. makanya, music video Mommae ini tidak boleh tayang di televisi nasional.

(Baca juga: 5 Seleb Kpop ini Berhasil Membayar Hutang Keluarga dari Hasil Jerih Payah Mereka. Inspiratif!)

Fiestar – One More

Lagu One More ini dilarang tayang karena liriknya yang merepresentasikan kekerasan seksual dan music video yang dianggap terlalu seksi.

BigBang – Bae Bae

Lagu ini menjadi salah satu lagu BigBang yang dilarang tampil karena lirik yang dibawakan mengandung unsur dewasa!

Zico – Tough Cookie

Lagu ini sebenarnya cukup easy listening dengan hiphop yang dibawakan Zico, namun pada liriknya penuh dengan isu rasis yang merupakan isu sensitif.

Gary ft Crush – Shower Later

Gary pada salah satu lagunya menampilkan dark side pada dirinya. Ia dikelilingi oleh dua perempuan dan music video ini dianggap terlalu dewasa.

Triple H – 365 Fresh

Hyuna dan 2 member Pentagon, Hui dan E’Dawn mengeluarkan mini album yang berjudul ‘199X’. Judul lagunya ialah “365 Fresh” dan sayangnya music video ini terlalu dewasa karena menampilkan berbagai adegan yang berbau seksual.

Mamamoo – Um Oh Ah Yeh

Lagu Mamamoo ini dianggap terlalu dewasa. Belum lagi scene Solar mencoba mencium Moon Byul dan Hwa Sa yang mencoba “menyentuh” Solar di pesawat.

Banyaknya adegan sensual yang dewasa membuat MV ini dilarang tayang di stasiun televisi Nasional Korea.

(Baca juga: 4 Drama Korea yang Dibintangi Seohyun. Mana yang Paling Seru?)