9 Bandara Paling Berbahaya di Seluruh Dunia. Berani Terbang dari Sini?

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 26 Maret 2018 | 13:51 WIB
foto: knowledgedish.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Bandara apa saja di seluruh dunia yang sudah pernah dikunjungi? Mungkin bandara yang paling nyaman ada Changi International Airport atau Incheon Airport di Kota Seoul, Korea Selatan.

Semua itu merupakan bandara dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman bagi pengunjung dan pengguna fasilitas.

Sekarang bayangkan jika kita berada di 9 bandara ini. Di bandara ini, jangankan bisa nongkrong di café, keselamatan kita menjadi hal yang utama dipikirkan karena ada bandara dengan lintasan terpendek dan di depan tebing! Duh!

Dilansir dari knowledgedish.com berikut 9 bandara paling berbahaya di seluruh dunia.

(Baca juga: 11 Musik Video Kpop yang Dilarang Tayang dan Menimbulkan Kontroversi)

Hillary Airport – Tenzing, Nepal

Bandara di kota kecil bernama Lukla ini hanya memiliki lintasan sepanjang 500 meter! Tidak hanya itu, di depan lintasan juga terdapat tebing tinggi yang bisa menghalangi awan dan kesulitan melihat cuaca.

Gibraltar International Airport – Gibraltar, Britania Raya

Bisa dilihat sendiri lintasan di airport ini. Ya, membelah jalan raya atau jalan utama sebagai lintasannya. Kalau kita flight biasanya kanan kiri kita sawah atau pepohonan, ini kanan kirinya kendaraan bermotor. Duh, kaya lintasan kereta api ya!

Kai Tak Airport – Hongkong

Meskipun negara maju, namun salah satu bandara di Hongkong ini dikelilingi oleh banyak sekali gedung bertingkat. Bagaimana kalau pesawat lagi terbang rendah? Akhirnya pada tahun 1925, bandara ini ditutup dan digantikan oleh bandara di Chek Lap Kok, Hongkong.

Juancho E. Yrausquin Airport – Pulau Saba, Kepulauan Karibia

Kalau di Nepal panjang lintasannya 500m, disini hanya 400 meter atau sekitar 1.312 kaki. Bukan cuma itu yang ngeri, tetapi akhir dari lintasan itu ialah laut dengan ombak yang masih kencang.

Bandara ini masih digunakan untuk pesawat kecil lho!

Princess Juliana International Airport – Kepulauan Karibia Timur

Airport ini digunakan sebagai tempat naik dan turun penumpang dari dan menuju Maho Beach. Awalnya bandara ini hanya akan digunakan untuk pesawat kecil, namun kenyataannya bandara ini menjadi bandara tersibuk kedua di Kepulauan Karibia.

Beberapa pilot mengatakan bahwa sesaat setelah lepas landas, mereka harus segera belok. Bukan cuma itu, beloknya juga kudu hati-hati karena ada gunung.  

(Baca juga: Ada hubungan Spesial Antara Drama Korea Hospital Ship, The Heirs, & Secret Garden. Ini Buktinya)

Courchevel International Airport – Perancis             

Bandara ini menjadi bandara yang berbahaya karena kemiringan landasannya mencapai 18,6%. Bisa dibayangkan kalau landing dan take off dari sini?

Madeira Airport - Portugal

Bandara di Portugal ini menjadi bandara yang berbahaya karena berada di Pulau Madeira yang diapit 2 jurang dan satu lautan.

Bandara ini berbahaya karena lintasan lepas landasnya terdiri dari jembatan yang ditopang oleh 180 penyangga saja!

Gisborne Airport – New Zealand

Yang ini lebih parah dibanding Gibraltar Airport. Kenapa parah? Bisa dilihat sendiri lintasannya juga dilalui kereta api!

Ketchikan Airport – Alaska

Bandara ini merupakan salah satu bandara yang berbahaya karena lokasinya. Berada di pegunungan Alaska dengan hujan dan angin yang tidak menentu. Belum lagi temperatur yang sangat rendah. Lintasan pada bandara ini juga sering licin.

(Baca juga: Kenali Kebiasaan Aneh Zodiak)