Menurut Penelitian, Ini Adalah Cara Terbaik Buat Putus Sama Pacar

By Indra Pramesti, Sabtu, 2 Juni 2018 | 01:45 WIB
foto: dramabeans.com (Indra Pramesti)

Memang secara rasional, enggak ada cara yang baik untuk memutuskan hubungan dengan seseorang. Tapi, beberapa cara ternyata terbilang lebih baik daripada yang lain.

Menurut penelitian dari Brigham Young University, telah dipastikan bahwa ada cara yang paling efektif dan berhasil untuk memutuskan hubungan sama pacara, yaitu; jujur dan terang-terangan.

Pengin tahu seperti apa penemuan dari penelitian ini, yuk telusuri informasi lebih lanjutnya lewat artikel berikut!

(Baca juga: 5 Tanda Cowok Sebenarnya Merasa Insecure dalam Hubungan Pacaran Tapi Enggak Kita Sadari!)

Penelitian yang dilakukan terhadap 145 orang ini membahas bagaimana mereka merespon kabar buruk dalam berbagai cara dan kasus termasuk salah satunya adalah saat memutuskan hubungan pacaran.

Diukur dari kejelasan, pertimbangan, keterbukaan, efisiensi, kejujuran, ketegasan dan alasan yang masuk akal, ketujuh aspek tersebut mengindikasikan hal mana yang paling penting menurut mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa aspek kejelasan dan kejujuran adalah yang paling banyak dipilih. Secara enggak langsung, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa cara terbaik untuk menyudahi hubungan pacaran adalah dengan langsung memutuskannya dengan cara yang jujur dan terang-terangan.

Menurut Alan Manning, salah satu ahli dalam penelitian tersebut, “Kalimat “kita putus” mungkin terdengar terlalu jujur dan menyakitkan, sehingga kita juga masih memerlukan kalimat seperti “ada yang perlu aku omongin berdua” supaya orang yang bersangkutan bisa menangkap sinyal atas kabar buruk yang akan terjadi.”

(Baca juga: Tebak Kepribadian Kita dari 7 Minuman Favorit Ini. Kamu yang Mana?)

Jawabannya ternyata bukan karena orang tersebut pengin menjaga perasaan pacarnya, tapi dia pengin menjaga perasaannya sendiri. Karena dengan melakukan hal yang terbilang ‘enggak kejam’ itu, kita memberi sugesti pada diri sendiri untuk berpikiran positif. Pikiran kita pun menjadi lebih tenang, tapi sebaliknya, orang lain enggak merasakan hal yang sama.

Jadi kesimpulannya, kejujuran enggak hanya merupakan sikap yang positif, tapi juga jadi salah satu cara terbaik untuk putus.

Kalau kamu sendiri pilih mutusin dengan cara yang jujur dan terang-terangan? Atau pilih cara putus perlahan-lahan dan dimanis-manisin dulu?

(Baca juga: Begini Reaksi Unik Tiap Zodiak Ketika Menghadapi Galau)