5 Tanda Tak Terbantahkan Teman Hanya Manfaatin Kita Saja. Hati-hati!

By Indah Permata Sari, Selasa, 7 November 2017 | 08:01 WIB
Hati-hati dengan fake friends! (Indah Permata Sari)

Kita tentu enggak mau memiliki teman yang hanya saat ada maunya saja dia menghubungi kita, tapi saat dia enggak butuh bantuan malah dia enggak ingat kita sama sekali. Bisa dikatakan dia adalah fake friends. Baginya, kita adalah sumbernya dalam mencapai kesuksesan atau kesenangan tanpa memiliki rasa tulus terhadap kita. Ini dia 5 tanda tak terbantahkan teman hanya manfaatin kita saja. Hati-hati!

Coba deh diingat-ingat, sebenarnya kita dan dia bukanlah teman yang dekat banget. Dia menghubungi kita saat dia lagi ada maunya saja atau saat dia lagi mau minta bantuan kita. bahkan setelah kita sudah membantunya, maka dia enggak akan menghubungi kita untuk sekedar ajak main bareng. Masalahnya selesai, komunikasi kita dan dia juga selesai. Baru dapet chat dari dia saat dia membutuhkan hal yang lain. Ini enggak terjadi satu atau dua kali, tapi sudah berkali-kali!

Coba kita perhatikan deh, siapa teman dekatnya. Kalau menurut pengamatan kita dia sebenarnya enggak punya teman yang dekat dan rata-rata temannya itu sama kaya kita, dekat dengannya saat dia lagi ada butuhnya saja. Biasanya, orang yang hanya manfaatin temannya enggak hanya melakukan kv satu orang saja, tapi juga ke beberapa orang. Kalau perlu kita beranikan diri kita untuk bertanya ke temannya mengenai kepribadian teman kita.

(Baca juga : )

Sesekali, coba kita duluan yang menghubungi dia. Kita perhatikan responnya, apakah dia ada kesan mengabaikan kita atau dia justru menanggapi kita. Kalau orang yang enggak ada niatan untuk manfaatin tapi dia memang benar-benar membutuhkan kita, maka saat kita yang gantian membutuhkan bantuannya dia akan senang hati dan berusaha membantu kita karena merasa balas budi. Tapi kalau pada dasarnya dia hanya manfaatin kita saja, maka dia enggak akan peduli sama sekali mengenai kita. Justru dia bakal cenderung menjauhi dan menghindari kita.

(Baca juga : )

Orang yang niatnya hanya manfaatin kita maka dia pasti akan seperti melakukan hal yang berkesan ‘mengatur’ kita. Dia jadi banyak bicara mengenai hal-hal yang menguntungkan dirinya tapi dia sampaikan dengan tersirat. Kalau kita tipe orang yang sulit mengatakan ‘tidak’ maka akan menjadi sasaran empuk banget bagi dia buat manfaatin kita.

Biasanya teman yang hanya manfaatin kita akan mencoba dari hal-hal yang kecil dulu. Karena itu lah kita bahkan enggak menyadari kalau sudah ada banyak hal yang kita lakukan untuknya. Contoh kecilnya seperti kita yang sering nalangin dia saat makan di luar tapi udah enggak kehitung berapa jumlah yang belum dia bayar ke kita. Dari biaya-biaya kecil seperti air mineral, ice cream, hingga makan siang yang kalau kita tagih ke dia pun enggak enak karena sudah lama dan takut dia sudah lupa.

(Baca juga : )