10 Lagu Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah Kpop. Mana Favorit Kamu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 5 Mei 2018 | 03:30 WIB
foto: youtube.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Industri musik Kpop masuk pada generasi ketiga. Boyband atau girlband baru debut hampir setiap tahun.

Semenjak Kpop generasi pertama di tahun 90an hingga tahun 2017 ini terdapat sejumlah boyband dan girlband dengan lagu fenomenal.

Lagu tersebut dianggap berpengaruh bagi banyak orang. Contoh pengaruh yang diberikan ialah addiction lagu ini ketika diputar. Kita ingin terus mendengarkan lagu tersebut.

Berikut 10 lagu paling berpengaruh sepanjang sejarah Kpop. Mana favorit kamu?

(Baca juga: 5 Zodiak yang Selalu Kebingungan. Kamu Termasuk Juga?)

Sejak Sinawe (band metal milik Seo Taiji) bubar, ia menciptakan lagu dengan teknologi MIDI (Musical Instrument Digital Interface).

Seo Taiji and The Boys memperkenalkan konsep boyband kepada publik Korea, yakni lagu dengan tarian.

Lagu I Know dianggap sebagai lagu paling berpengaruh karena memberikan angin segar di industri musik Korea.

Pertengahan tahun 90an, lima member H.O.T muncul justru saat krisis terjadi di Korea. Lagu Candy dan H.O.T tampil di konser yang digelar di Seoul Olympic Stadium.

Konser ini dihadiri oleh 1000 orang pada saat itu. H.O.T bisa dikatakan sebagai grup pertama yang menggunakan istilah fandom.

Girlband pertama akhirnya muncul. Formasi trio yang digunakan oleh S.E.S bertahan hingga tahun 2002.

Dengan lagunya I’m Your Girl, lagu ini dianggap sebagai lagu dengan genre R’nB di jaman itu dan dijadikan referensi musik untuk girl grup pada tahun 90an.

Shinhwa muncul di bawah naungan SM Entertainment yang akhirnya menjadi agensi besar karena keuntungan yang diberikan Shinhwa.

Debut dengan lagu Eusha Eusha, grup ini sukses menampilkan gaya baru, yakni aegyo. Hal ini yang menjadi titik balik kemunculan Kpop. Keren!

Epik High yang beranggotakan Tablo, Mithra Hin, dan DJ Tukutz debut dengan album Map of the Human Soul di tahun 2002.

Album ini menjadi album paling sukses karena musik yang disajikan bergenre HipHop. Tidak hanya itu, Epik High juga dianggap sebagai “penyebar” budaya Kpop.

(Baca juga: 10 Lagu Galau Taeyeon yang Cocok Didengerin Saat Hujan. Mana Favorit Kamu?)

Setelah H.O.T bubar, boyband Korea mulai meredup. Solois jadi pengisi industri musik hingga akhirnya TVXQ muncul.

Salah satu lagu berpengaruh adalah Mirotic. Tidak hanya itu, pada musik Mirotic ini juga disajikan ‘reserve-beat’ yang menjadikan lagu ini addict untuk didengarkan.

TVXQ memberikan perubahan besar bahwa musik bukan lagi hiburan namun addiction.

Tahun 2009, di bawah manajemen Mystic Entertainment, penampilan Brown Eyed Girls yang imut dan konten visual di music video “Abracadabra” menjadikan konten visual mulai dipertimbangkan sejak 2009.

Super Junior dengan 12 membernya memberikan gebrakan pada musik kpop. Biasanya musik kpop menampilkan aegyo, lagu, dan tarian namun musik ini ini memberikan nuansa yang berbeda.

Beat dan instrumen elektronik dengan genre pop R’nB membuat lagu ini begitu lengkap. Lagu ini berhasil menembus sejumlah negara seperti Taiwan dan Filipina.

Generasi Bubblegum Pop Elektro dimulai ketika Lollipop muncul. Bigbang dan 2NE1 di bawah YG Entertainment muncul dengan music video yang berbeda dan berani dari biasanya.

Kostum berwarna dan musik ceria dianggap menjadi terobosan yang berani.

SNSD di bawah SM Entertainment menggabungkan semua pendahulunya dengan menampilkan musik yang ceria, video klip yang berwarna, dan 9 member.

Lagu ini juga merupakan lagu paling fenomenal dan paling memberian adiksi. SNSD dengan Gee berhasil menempati peringkat #1 di KBS Music Bank dan memperoleh 10 penghargaan.

Lagu ini bahkan disebut sebagai song of the decade saking suksesnya.

(Baca juga: 5 Panggilan Sayang Buat Pacar dalam Bahasa Korea)