Wajib Tahu, Jangan Makan Buah dalam 3 Waktu Ini. Bisa Berbahaya!

By Debora Gracia, Jumat, 13 Oktober 2017 | 05:32 WIB
Wajib tahu! (Debora Gracia)

Kita pasti paham kalau buah itu baik untuk kesehatan. Menurut pakar kesehatan juga, idealnya kita mengkonsumsi 400 hingga 600 gram sayuran dan buah setiap hari. Atau setara dengan 2,5 porsi sayuran atau 3 potong buah berukuran sedang setiap hari. Tapi yang kita enggak sadar, ada beberapa waktu kita justru enggak boleh makan buah karena berbahaya untuk kesehatan. Penting dan harus dicatat, nih.

Pakar kesehatan mengatakan kita sebaiknya enggak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat sebelum berolahraga. Alasannya kandungan serat dari bahan makanan sehat ini yang lama dicerna dalam perut dan jika kita melakukan aktifitas fisik bisa menyebabkan masalah pencernaan. Waktu terbaik adalah makan buah 2 atau 3 jam sebelum berolahraga. Kita bisa mengonsumi buah yang enggak punya serat tinggi seperti pisang sebelum berolahraga.

(Baca juga:

Kita pikir enggak masalah makan buah sebelum tidur, karena buah termasuk makanan sehat. Sayangnya, hal ini justru akan membuat sistem pencernaan tubuh bekerja keras kembali untuk mencerna makanan saat tidur.

Padahal, waktu tidur adalah waktu berbagai sistem dalam tubuh melakukan regenerasi dan beristirahat. Ada baiknya kita enggak mengonsumsi apa pun 2 jam sebelum tidur agar tubuh bisa beristirahat dengan maksimal.

Saat diare, sebaiknya kita enggak mengonsumsi buah karena kandungan serat pada buah-buah yang memperlancar pencernaan justru bisa bikin masalah diare semakin parah. Lebih baik makan buah dalam waktu yang tepat dan keadaan tubuh yang sehat.

(Baca juga:  

TribunStyle.com/Triroessita Intan Pertiwi

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Penting Untuk Kesehatan, Tapi Jangan Makan Buah di 3 Waktu Ini, Bisa Bikin Bahaya!"