8 Transformasi Grup Kpop Generasi Kedua dari Debut Hingga Sekarang. Bikin Kangen!

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 14 Oktober 2017 | 12:30 WIB
SNSD (Kinanti Nuke Mahardini)

Musik Kpop telah masuk ke generasi ketiga. Generasi kedua sekarang jadi sorotan karena banyak yang bubar atau kehilangan member.

Generasi kedua yaitu yang debut di tahun 2000 sampai 2010. Beberapa di antaranya sudah bubar, namun tersisa boyband dan girlband di generasi kedua ini.

Berikut transformasi 8 transformasi grup Kpopgenerasi kedua dari debut hingga sekarang. Bikin kangen!

TVXQ

TVXQ debut tahun 2003 dengan 5 member. Kini TVXQ masih bertahan dengan 2 member yang tersisa.

TVXQ debut dengan lagu Hug dan lagu terakhirnya Spellbound tahun 2014. Tapi, setelah keluar wajib militer, TVXQ merilis single masing-masing.

Yunho merilis Drop, dan Changmin merilis In a Different Life.

(Baca juga: 3 Film Indonesia yang Membuktikan Kalau Kasih Kesempatan Kedua Sama Mantan Itu Enggak Salah)

Super Junior

Super Junior debut di tahun 2009 dengan lagu Twins. Super Junior masih bertahan dan direncanakan comeback di tahun ini. Dua tahun lalu, dengan lagu Magic, sekaligus merayakan ulang tahun ke-sepuluh.

Bigbang

Bigbang debut pada tahun 2006 dan sudah lebih dari 10 tahun mereka bersama. Debut dengan lagu We Belong Together dan lagu terakhirnya ialah FXXXK It pada tahun 2016 lalu.

Girls Generation

Tersisa 5 orang kini, Girls Generation belum bubar. Debut dengan lagu Into The New World yang inspiratif, 4 Agustus 2017 lalu mereka mengeluarkan single berjudul All Night dan Holiday.

(Baca juga: Banyak yang Bubar dan Ditinggalkan Member, Ini 5 Grup Kpop Generasi Kedua dengan Member Tetap)

2 PM

2PM debut ada tahun 2008 dengan lagu ’10 out 10’. Tahun 2017 menjadi tahun 2PM mulai hiatus karena wajib militer. Tahun 2016 lalu, 2 PM merilis lagu Promise.

SHINee

Debut pada tahun 2008 dengan lagunya Replay dan masih bertahan dan pada awal 2017, SHINee merilis Get The Treasure versi Jepang.

Highllight

Debut sebagai BEAST di tahun 2010. Kini, BEAST bertansformasi menjadi HIGHLIGHT. Lagu debut mereka ialah ‘Bad Girl’ dan lagu terakhir mereka dirilis bulan April yang berjudul Plz, Don’t be Sad.

Girls Day

Selain Girls Generation, Girls Day juga masih bertahan meskipun sempat melakukan beberapa kali perombakan. Lagu pertamanya Tilt My Head enggak mendapat respon positif, tapi Girl's day tetap bertahan.

Girl's Day merilis single terbaru I'll be Yours bulan Maret 2017 lalu.

(Baca juga: 13 Bukti Kalau Kamu Beneran Fans Kpop. Bener Enggak, Nih?)