8 Tips Memakai Sheet Mask Supaya Kulit Lembut & Cerah

By Marcella Oktania, Kamis, 26 Oktober 2017 | 07:00 WIB
avoskinbeauty.com (Marcella Oktania)

Sheet mask mulai booming begitu para seleb Korea memperkenalkannya, nih. Bahkan, kita juga tertarik untuk menggunakan sheet mask karena lebih praktis dan berharap pengin kulit seperti para seleb Korea, nih. 

Tapi ternyata, memakai sheet mask enggak hanya sekadar memakainya di wajah aja, lho. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum, saat, dan sesudah memakai sheet mask biar hasilnya lebih maksimal di kulit kita. Penasaran? Berikut 8 tips memakai sheet mask untuk mendapatkan hasl yang maksimal!

(Baca juga: Ini Sheet Mask Korea yang Paling Cocok Buat Kita Berdasarkan 5 Jenis Kulit!)

Salah satu kelebihan sheet mask adalah disediakan dengan berbagai macam bahan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah kita. Oleh karena itu, kita mesti perhatikan betul bahan-bahannya, nih.

Buat kita yang ingin kulit lebih lembap, pastikan untuk mencari sheet mask dengan bahan gliserin atau gel ekstrak siput. Ingin mencari sheet mask yang bisa menenangkan kulit, coba cari yang berbahan dasar teh hijau atau lidah buaya. Biar kulit makin cerah bersinar, cari yang ada kandungan vitamin C, ya. 

Jangan gunakan apapun pada kulit kita, entah itu makeup, SPF, atau pelembap. Pastikan kulit benar-benar bersih tanpa apapun. Dengan begitu, kita bisa menyerap vitamin dan mineral yang ada pada sheet mask dengan lebih maksimal, lho. 

(Baca juga: Enggak Perlu Mahal, Yuk Bikin Sendiri DIY Aloe Vera Gel di Rumah!)

Sering bingung dengan essence yang terlalu banyak dan kita terlalu malas untuk menyimpan sheet mask buat besok hari? Coba balurkan sisa essence ke leher, lengan, atau bahkan tubuh kita. Selain memanfaatkan hingga maksimal, cara ini bakal bikin kulit yang terkena essence bakal lebih lembap dan lembut, lho.

Sebenarnya, sheet mask diciptakan biar kita memakainya hanya 15-20 menit. Terlalu lama bukan berarti lebih bagus. Kalau kita memakainya hingga sheet mask mengering, wajah kita bukannya lembap tetapi malah lebih kering, lho. 

(Baca juga: Jangan Malas Membersihkan Wajah Sebelum Tidur, Sebab Kulit Bisa Jadi Butek!)

Karena sheet mask sebenarnya punya vitamin dan mineral di kedua sisinya, coba maksimalkan dengan memakai 2 sisi secara bersamaan, deh. Setelah 10 menit memakai sheet mask pada 1 sisi, coba balikkan biar kita merasakan sensasi dingin lainnya yang berada di sisi satunya. Bahkan, cara ini bagus banget, lho untuk kita yang punya kulit sensitif.

Begitu selesai memakai sheet mask, cara selanjutnya adalah pijat wajah dan kulit yang kita berikan essence sebelumnya. Dengan pijatan, kita bisa membantu memaksimalkan penyerapan essence dan juga melancarkan peredaran darah ke wajah kita. Caranya, lakukan mulai dari leher hingga ke dahi dengan gerakan ke atas, ya.

(Baca juga:  Perbedaan Compact Powder, Two Way Cake, dan 5 Jenis Bedak Lainnya. Harus Tahu!)

Jangan berhenti dengan memakai sheet mask, girls. Lakukan perawatan wajah kita seperti biasa setelah menggunakan sheet mask, yaitu menggunakan pelembap, eye cream, dan suncreen.

Ini adalah yang terpenting, girls. Maskeran adalah salah satu kegiatan yang harus kita lakukan dalam keadaan nyaman dan tenang. Lakukan di saat kita benar-benar lagi bersantai dan enggak terburu-buru, ya. Dengan begitu, hasilnya juga bakalan jadi lebih maksimal!

(Baca juga: Contek Yuk! 6 Langkah Skincare Member BTS yang Bisa Dilakukan Setiap Hari)