Ini yang Terjadi dalam Tubuh Kita Saat Menahan Buang Air Kecil. Bahaya Kalau Dibiasakan!

By Debora Gracia, Kamis, 9 November 2017 | 09:30 WIB
Jangan dibiasakan, ya! (Debora Gracia)

Siapa dari kita yang sering menahan pipis atau Sebelumnya, kita harus paham proses buang air kecil itu sendiri. Jadi, dalam kandung kemih kita ada beberapa organ yang membentuk sistem saluran kemih, termasuk ginjal, dua ureter, dan uretra.

Bagian ureter bertanggung jawab untuk membawa urin ke bawah ke dalam kandung kemih. Sedangkan otot detrusor, dinding jaringan di kandung kemih, melemaskan kandung kemih, bisa bikin mengembang seperti balon.

Makanya, saat kandung kemih penuh, kontrak detrusor, dan sfingter uretra internal secara otomatis dan tanpa sadar terbuka, menyebabkan pelepasan urin. Di situlah kita harus buang air kecil.

Biasanya kita harus pipis seenggaknya 4-6 kali sehari, tapi kalau kita menahannya, mirip dengan kran air, begitu urin masuk ke uretra dan berhenti di sfingter uretra.

Saat kita memilih untuk menahannya, lapisan otot mengirim sinyal untuk ke sumsum tulang belakang. Menahan buang air kecil terlalu lama ini akan memaksakan urin terlalu cepat atau buang air kecil tanpa dukungan fisik yang kuat (jongkok). Hal ini bisa menyebabkan pelvis yang terlalu aktif, nyeri kandung kemih, urgensi atau inkontinensia urin. Duh, ngeri, ya?

Makanya mulai sekarang, yuk kurangi kebiasaan menahan buang air kecil, ya, girls!

 

TribunStyle.com/Delta Lidina

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Ternyata Inilah yang Terjadi pada Tubuhmu Saat Menahan Pipis, Bahaya Banget, Jangan Dibiasakan, ya!"