Tom & Jerry, Scooby Doo, dan 5 Tokoh Kartun Terkenal Paling Tua Sedunia. Sudah Tahu?

By Debora Gracia, Kamis, 19 Oktober 2017 | 05:14 WIB
Ada yang usianya hampir seabad, lho! (Debora Gracia)

Donald Duck dan Mickey Mouse adalah dua Penampilan perdana Daffy Duck adalah di kartun pendek Porky Duck Hunt, yang disutradarai oleh Tex Avery pada 1937. Pada versi awal ini, Daffy Duck diciptakan oleh Bob Clampett dan pernah membintangi 130 kartun pendek pada masa keemasan bidang animasi Amerika Serikat.

Daffy Duck sering tampil bareng Porky Pig dan selalu bermusuhan dengan Bugs Bunny. Tokoh kartun bebek hitam ini seringkali digambarkan sebagai musuh sekaligus kawan Bugs Bunny di Looney Tunes dan Merrie Melodies.

Karakter ikonik ini muncul pertama kali pada 1940 dalam sebuah kartun, A Wild Hare yang disutradarai oleh Tex Avery. Bugs Bunny terkenal dengan kebiasaan mengunyah wortel, karakter yang nakal, dan aksen Brooklyn, Bugs Bunny telah membintangi dan tampil di banyak film, serial TV, buku komik, bahkan sebagai wahana taman hiburan.

Ia menjadi karakter utama dalam Merrie Melodies dan seri Looney Tunes. Bugs Bunny bahkan memiliki bintang sendiri di Hollywood Walk of Fame, hi-hi. Keren!

Scoobert "Scooby" Doo adalah tokoh protagonis yang diciptakan pada tahun 1969 oleh William Hanna dan Joseph Barbera. Scooby Doo adalah seekor anjing jenis Great Dane yang bersahabat adalah Fred, Velma, Daphne dan Shaggy. Scooby Doo punya ciri khas yaitu memiliki hambatan bicara, dan sering memulai mengucapkan kebanyakan kata dengan huruf 'R', tapi teman-temannya tetap bisa memahaminya. Slogannya adalah "Scooby-Dooby-Doo!"

(Baca juga: Frederick Joseph (Fred) Flintstone diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera, dan penampilan pertamanya adalah tahun 1960.

Dia menikah dengan Wilma Flintstone dan memiliki seorang putri bernama Pebbles. Fred dan Wilma berteman baik dengan tetangga sebelah mereka, Barney dan Betty Rubble. Fred dikenal dari rambut hitam, hidung besar dan pakaian warna oranye dengan bintik hitam pada bagian samping yang dia kenakan dengan dasi.

Felix the Cat diciptakan tahun 1919 oleh kartunis Otto Messmer dan Pat. Tokoh ini menjadi satu di antara karakter kartun paling populer di era film bisu.

Penampilan pertamanya adalah dalam sebuah film pendek berjudul Feline Follies dan kemudian dicetak. Menjelang akhir tahun lima puluhan, Joe Oriolo menghasilkan episode Felix dengan total durasi 264 menit untuk Trans-Lux TV.

TribunTravel/Rizkianingtyas Tiarasari

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Selain Donald Duck, Inilah 7 Tokoh Kartun Tenar Paling Tua Sedunia! Ada yang Hampir 1 Abad"