Ternyata, Ini Waktu Olahraga Paling Efektif untuk Menurunkan Berat Badan. Wajib Tahu!

By Debora Gracia, Sabtu, 21 Oktober 2017 | 01:15 WIB
Yuk, mulai rajin berolahraga! (Debora Gracia)

Selain diet, cara paling yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan adalah olahraga. Tapi pernah enggak kita mengalami masalah berat badan yang segitu saja, padahal sudah sering berolahraga? Nah, siapa tahu kesalahan kita adalah waktu saat berolahraga. Padahal enggak ada salahnya juga olahraga dalam waktu kapan saja, tapi kalau mau menurunkan berat badan, ini waktu paling efektif. Wajib tahu!

Menurut berbagai penelitian, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di pagi har dan sebelum sarapan. Penelitian yang dilakukan oleh Gonzalez, tahun 2013 lalu menunjukkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak.

Kalau kita pengin menurunkan berat badan, tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Artinya dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dibakar berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang sudah siap digunakan. Bukan 'menghancurkan' makanan yang sudah ada dalam perut.

(Baca juga: 3 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Menurunkan Berat Badan)

Selain itu, olahraga di pagi hari juga punya manfaat lainnya, seperti memberi banyak energi dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar lebih banyak saat kita beraktivitas. Kita juga jadi enggak mudah merasa lapar, girls.

Alasannya tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin, yaitu hormon yang membantu menyerap nutrisi dari makanan. Selain itu, kadar gula darah yang stabil ini juga membuat kita enggak cepat lapar.

(Baca juga: 6 Tips Diet yang Salah & Enggak Membuat Berat Badan Turun)

Tahu enggak, kalau olahraga di pagi hari juga bisa bikin tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini dibuktikan dari tim peneliti yang menemukan bahwa orang-orang bisa tidur lebih nyenyak setelah konsisten berolahraga setiap pagi, sekitar empat jam dalam seminggu, daripada mereka yang olahraga malam.

Yuk, mulai dari sekarang, biasakan berolahraga pagi, ya!

Kompas.com/Wishnubrata

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Kapan Waktu Olahraga Terbaik Agar Berat Badan Cepat Turun?"