Kenal Lebih Jauh dengan Jurusan Kuliah Aktuaria yang Menjanjikan. Ini 3 Infonya!

By Debora Gracia, Minggu, 29 Oktober 2017 | 08:45 WIB
Tertarik untuk menjadi aktuaris? (Debora Gracia)

Girls, sudah pernah dengar jurusan kuliah aktuaria? Buat kita yang ambil kuliah jurusan matematika, pasti enggak asing dengan istilah aktuaria. Di beberapa kampus, aktuaria adalah salah satu cabang dari ilmu matematika. Sayangnya, karena dekat dengan ilmu matematika, aktuaria jadi sepi peminat. Padahal di masa depan, aktuaria bisa jadi jurusan yang menjanjikan, lho! Ini 3 infonya.

Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari pengelolaan risiko keuangan yang bisa terjadi di masa depan. Ilmu ini menggabungkan ilmu matematika, statistika, keuangan, peluang, dan program komputer. Jadi, hal yang dipelajari akan diaplikasikan untuk menganalisis kejadian di masa depan yang berdampak pada keuangan.

Umumnya, aktuaris bekerja di bidang asuransi, sebagai penilai risiko, penaksir risiko, sampai penerjemah risiko.

(Baca juga: 8 Jurusan Kuliah D3 yang Lulusannya Paling Banyak Dicari)

Dilansir dari Hai Online, menurut Imam Bahari, salah satu pekerja aktuaria di perusahaan asuransi, hal yang dipelajari di jurusan aktuaria tentunya lebih banyak berhubungan dengan matematika dasar dan statistik. Hal mendasar kalau mau masuk jurusan aktuaria adalah menyukai ilmu matematika.

Enggak perlu khawatir dengan prospek kerja, karena menurut Imam, lulusan jurusan aktuaria dicari banget di dunia kerja. Sampai saat ini hanya ada sekitar 150-170 aktuaris. Padahal, hampir semua perusahaan butuh aktuaris.

(Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Jurusan Kuliah yang Menantang untuk Cewek Ekstrovert!)

Begitu juga dengan gaji yang menjanjikan untuk para aktuaris atau kita yang pengin ambil jurusan aktuaria. Menurut Imam lagi, aktuaris punya sertifikat Fellow of the Society of Actuaries of Indonesia (FSAI) dan pendapatannya lumayan. Bahkan, tambahnya, gaji yang didapat bisa setara dengan dewan direksi. Keren!

Hai.grid.id/Agassi Moriand

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Aktuaria: Jurusan Kuliah yang Nggak Terlalu Dipandang, Tapi Bisa Bikin Kamu Punya Gaji Segudang!"