4 Kejadian Mengerikan yang Disebabkan Karena Kebodohan Manusia. Enggak Nyangka!

By Debora Gracia, Jumat, 11 Mei 2018 | 14:45 WIB
Bikin ngeri! (Debora Gracia)

Banyak kejadian mengerikan yang justru disebabkan karena hal-hal yang kedengarannya konyol dan sederhana. Hal ini membuktikan meskipun manusia sudah diberikan pikiran dan akal sehat, kadang terkalahkan oleh ego sendiri. Ini 4 kejadian mengerikan yang disebabkan karena kebodohan manusia. Bakal bikin kita enggak nyangka!

Tahun 1958, Mao memperkenalkan kampanye yang disebut Four Pests Campaign dengan tujuan untuk memberantas nyamuk yang menyebabkan malaria, tikus yang membawa wabah, lalat yang membawa bakteri berbahaya, dan burung pipit suka memakan biji gandum dan buah. Cara yang dilakukan terbilang sadis. Mereka bukannya menakut-nakuti burung pipit dengan bunyi-bunyian melainkan dengan cara membunuhnya.

Masyarakat Cina bahkan sampai menghancurkan sarang dan telur, yang menyebabkan populasi burung pipit menurun drastis. Hal ini juga bikin tanaman padi mengalami penurunan drastis yang menyebabkan populasi belalang dan serangga pemakan tanaman membludak. Akibatnya kelaparan terjadi di mana-mana hingga menewaskan lebih dari 20 juta orang.

(Baca juga: Sunil Tripathi, seorang mahasiswa sarjana di Universitas Brown, hilang pada 16 Maret 2013. Pihak keluarga meng-upload video di YouTube dan membuka halaman Facebook untuk mencarinya.

Sehari setelah pemboman Boston Marathon, sebuah Redditor yang dibuat subreddit untuk mengkonsolidasikan informasi seputar peristiwa mulai melakukan identifikasi. Ada 3.000 orang yang bergabung dengan subreddit untuk melakukan penyelidikan.

Setelah FBI merilis gambar dari tersangka, seorang Redditor menyebut Sunil sebagai tersangka karena kemiripan wajah. Hal itu menyebabkan orang-orang mulai mencoba menghubungi keluarga Sunil dan memberikan pesan-pesan marah. Padahal hari yang sama, pelaku sebenarnya muncul dan membunuh seorang perwira polisi. Tapi banyak yang tak menyadarinya.

Seorang reporter sampai mem-posting di Twitter dan bilang kalau Sunil adalah tersangka utama pengeboman. Akibat tuduhan yang terus menekannya, 23 April 2013 Sunil ditemukan tewas, mengambang di Sungai Seekonk belakang Wyndham Garden Providence Hotel. Penyebab kematiannya adalah bunuh diri. Ada pun pelaku bom Boston sebenarnya adalah Dzhokhar Tsarnaev.

(Baca juga: 8 Kejadian Mengerikan yang Dialami Seleb Kpop & Menimbulkan Kontroversi. Ada yang Membahayakan Nyawa!)

Enggak ada yang menyangka kalau mengejar diskon bisa berujung hal tragis. Itulah yang terjadi pada Black Friday di Long Island pada 2008 lalu. Pihak Long Island Walmart membentuk rantai manusia pada jam 5 pagi untuk mengantisipasi membludaknya pembeli.

Tapi ternyata mereka enggak menghentikan kerumunan masyarakat yang mendesak masuk. Puncaknya, satu karyawan bernama Jdimytai Damour enggak sengaja terjatuh hingga terinjak-injak hingga ia meninggal karena menderita serangan jantung.

Mirisnya, ketika polisi dan karyawan mencoba memberitahu pembeli untuk pergi karena seorang karyawan meninggal, beberapa orang malah menolak dan terus belanja. Korban lainnya adalah seorang wanita yang hamil delapan bulan menderita luka-luka.

TribunTravel/Ambar Purwaningrum

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "4 Kebodohan Terbesar yang Pernah Manusia Lakukan Ini Berakibat Mengerikan"