5 Sikap Terbaik yang Bisa Kita Lakukan Saat Mendapat Kritikan dari Orang Lain. Wajib Tahu!

By Indah Permata Sari, Sabtu, 2 Juni 2018 | 01:15 WIB
5 Sikap Terbaik yang Bisa Kita Lakukan Saat Mendapat Kritikan Dari Orang Lain. Wajib Tahu! (Indah Permata Sari)

Enggak ada yang sempurna di dunia. Kita di hadapan orang lain pun enggak bisa tampil sempurna, pro dan kontra pasti ada. Meski sudah berusaha semaksimal mungkin tapi kadang ada saja orang yang memberikan kritik ke kita. Jangan merasa sedih, karea kritikan itu bisa kita jadikan hal positif girls. Lakukan 5 sikap terbaik kalau mendapat kritikan dari orang lain. Wajib tahu!

Kita harus mau dan bersedia mendengar kritikan yang diberikan ke kita dengan seksama. Dari sini kita bisa mengetahui, kritikan orang tersebut benar atau tidak dan juga kritikan tersebut bisa membangun kita menjadi lebih baik lagi atau tidak. Kita bisa menilai kritikan tersebut setelah mendengarnya dengan seksama. Jadi, jangan merasa bete duluan kalau ada orang yang mau kritik kita, girls.

(Baca juga : )

Kita sendiri bisa menilai kok mana kritikan yang positif dan mana kritikan yang negatif. Jika ada kritikan negatif yang memojokkan kita, lupakan saja. Katahuan kok kalau ada orang yang memang pengin kita jadi merasa terpuruk, jadi sebaiknya kita lupakan omongan orang itu. Kalau kita jadi kepikiran, malahan ini yang membuat orang itu senang karena hasutannya ampuh terhadap kita. Supaya enggak merasa sudah jatuh tertimpa tangga, maka jangan kita ambil pusing kritikan negatif dari orang itu.

(Baca juga : )

Setelah mendengar kritikan, kita bisa refleksikan ucapannya dengan diri kita. Apakah kritikan dia memang benar menggambarkan diri kita? Kalau kita menyadarinya dan setuju dengan kritikan orang itu maka kita bisa langsung mengintrospeksi diri kita. Jangan merasa down karena kritikannnya tepat sasaran, malahan kita jadi tahu keraguan kita selama ini terbukti dan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya setelah membenahi diri.

(Baca juga : )

Mengenai kritikan itu, jangan kita pendam sendiri girls. Kalau masih ragu, kita bisa coba tanyakan dan konsultasi dengan orang yang kita percaya. Kita minta pendapatnya mengenai hal ini. Apakah benar kita harus berusaha lagi membenah diri atau sebenarnya seperti ini saja enggak masalah. Semakin banyak pendapat, semakin banyak juga sudut pandang referensi kita. Tapi ingat, keputusan terakhir ada di tangan kita sendiri, orang lain hanya bisa berpendapat tapi pilihan akhir adalah kita yang menentukan.

Jangan jadi merasa kesal atau benci dengan orang yang sudah mengkritik kita girls, malahan kita harus berterima kasih kepadanya. Apalagi, kalau dia mengkritik kita karena memang ingin yang terbaik buat kita. Biasanya yang peduli sama kita adalah keluarga dan orang terdekat kita aja, tapi ternyata ada juga orang lain yang peduli dengan kita namun caranya adalah dengan memberikan kritikan.