Ini 8 Alasan Kenapa Makeup Kita Enggak Bertahan Sepanjang Hari!

By Marcella Oktania, Jumat, 17 November 2017 | 07:00 WIB
Cari tahu alasannya sekarang! (Marcella Oktania)

Sering merasa kesel karena makeup kita sudah luntur saat pertengahan hari? Bisa jadi itu karena kesalahan kita sendiri, terutama saat memakai makeup. Makanya, yuk ketahui 8 alasan kenapa makeup kita enggak bertahan sepanjang hari!

(Baca juga: 6 Tips dan Trik Makeup Flawless dari Makeup Artist Kendall Jenner)

Girls, kita enggak pernah tahu apa aja bakteri, kotoran, dan debu yang menempel di tangan kita. Begitu kita memegang wajah, bakteri, kotoran, dan debu tersebut bakalan pindah ke wajah kita.

Alhasil, wajah kita bakalan memproduksi minyak berlebih untuk menjaga kulit kita. Lebih parahnya lagi, sering memegang wajah bisa jadi memunculkan atau memperparah jerawat, lho.

Seiring berjalannya waktu, wajah kita bakalan memproduksi minyak dan akhinya melunturkan makeup kita, nih. Makanya, kita butuh banget menggunakan blotting paper. Blotting paper enggak cuma menyerap minyak berlebih di wajah kita, tetapi juga membuat touch up makeup jadi lebih gampang menempel.

(Baca juga: Pasti Kita Sering Melakukan 5 Kesalahan ini Saat Memakai Liquid Lipstick)

Pelembap butuh waktu untuk menyerap terlebih dahulu ke kulit kita, lho. Biasakan menunggu pelembap terserap selama 5 menit sebelum mengaplikasikan primer atau foundation. Pelembap yang belum terserap sempurna ternyata bikin kulit kita jadi 'licin' dan makeup jadi enggak bertahan lama.

Sadar atau enggak, kita sering meremehkan kegunaan primer. Padahal, primer bisa bikin makeup tahan seharian dan wajah kita jadi makin flawless, lho. Kita juga harus mencari primer yang sesuai dengan jenis kulit kita biar fungsinya makin maksimal.

(Baca juga: Contek 8 Tips Kecantikan Model Victoria Secret Biar Selalu Tampil Flawless)

Foundation yang cocok sesuai jenis kulit adalah salah satu kunci utama makeup bakal bertahan seharian. Kita juga harus segera tinggalkan foundation ?kalau saat pertengahan hari sudah luntur, nih. Mencari foundation yang sesuai dengan jenis kulit memang butuh trial and error, tapi tetap harus dilakukan! 

Karena merasa dengan foundation aja wajah kita sudah flawless dan makeup bakal tahan lama, kita akhirnya enggak menggunakan bedak. Padahal, bedak sangat berguna untuk membuat makeup menempel di wajah sepanjang hari, sekaligus menyerap minyak berlebih di wajah kita.

(Baca juga: Bentuk Eyeliner Favorit Bisa Menunjukkan Kepribadian Kita. Yuk Cek di Sini!)

Percaya atau enggak, ternyata menggunakan brush saat touch up makeup malah 'menggeser' makeup kita, lho. Lebih baik, gunakan beauty blender atau spons dengan gerakan ditepuk-tepuk ke wajah supaya makeup tetap di tempatnya dan wajah kita bakal kembali flawless.

Kebanyakan dari kita enggak pernah menggunakan setting spray karena merasa hanya menghabiskan uang dan enggak berguna banyak. Tapi ternyata, setting spray benar-benar membantu menahan makeup supaya enggak luntur dan jadi tahan lama.

Pastikan menggunakan setting spray kalau kita yakin bakal menghabiskan waktu di luar rumah seharian dan sangat butuh makeup yang tahan lama, ya.

(Baca juga: Cari Tahu Kepribadian Kita Berdasarkan Bentuk Lipstik!)