13 Dance Kpop Paling Ikonik Sepanjang Sejarah. Ada Favorit Kamu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 18 Februari 2018 | 03:15 WIB
Psy: Siap dengan Lagu Terbaru Buat 2014 (Kinanti Nuke Mahardini)

Selain lagu Kpop yang bikin kecanduan, ternyata dance dari masing-masing grup ini juga bikin ketagihan dan bikin kita kepengin ikut dance.

Entah karena gerakannya yang mudah diingat, gerakan tersebut baru ada, dan bahkan pengaruh dari lagu itu sendiri yang sesuai sama dance-nya.

Oleh karena itu, terdapat setidaknya 13 dance kpop yang ikonik di sepanjang sejarah kpop. Berikut 15 dance atau gerakan tari dari musisi kpop yang paling ikonik:

(Baca juga: 4 Aplikasi Foto dan Video yang Sering Digunakan oleh Seleb Korea. Kamu Sudah Coba?)

Black Cat Nero – Turbo (1996)

Lagu dan tarian Black Cat Nero sangat ikonik sehingga sering di-cover oleh idol di masa sekarang, termasuk GFRIEND di KCON LA 2016.

Coming of Age Ceremony – Park Ji Yoon (2000)

Single milik Park Ji Yoon ‘Coming of Age’ sempat menuai kontroversi di awal tahun 2000an karena lirik dan dance yang dianggap terlalu sensual.

Namun, dance ini justru kini banyak ditirukan oleh grup kpop lainnya, salah satunya 9MUSES.

Tell Me – Wonder Girls (2007)

Dance dan lagu Tell Me milik Wonder Girls pada tahun 2007 menjadi single paling hits di korea. Dance yang mudah diingat menjadikan fans banyak yang menarikan, termasuk AOA.

GEE – Girls Generation (2009)

Lagu paling ikonik sepanjang masa beserta tariannya menjadikan banyak fans bahkan sesama idol kpop yang menarikan Gee, termasuk V ‘BTS’.

Sorry Sorry – Super Junior (2009)

Lagu Sorry, Sorry dari Super Junior memang terkenal dengan gerakannya yang khas. Oleh karena itu, tidak jarang ada idol kpop dan grup kpop yang menarikan lagu ini, seperti Seventeen.

Abracadabra – Brown Eyed Girls (2009)

Gerakannya yang sexy dengan wajah yang arogan membuat gerakan tarian dari grup ini sangat diingat. Pada salah satu acara, T.O.P ‘Bigbang’ dengan mahir menarikannya.

(Baca juga: Album 'Reputation' Milik Taylor Swift Segera Rilis. Ini 3 Teori di Balik Album Tersebut!)

Before The Dawn – Infinite (2011)

Dance dari Before The Dawn ini bisa jadi dibilang sebagai trend awal dari tarian yang meliuk-liuk namun tegas (knife-sharp). Scorpion Dance dari Infinite dengan mudah diikuti oleh WJSN.

Gangnam Style – PSY (2012)

Kalau lagu dan tarian PSY yang satu ini sudah tidak perlu diragukan. Beat yang membuat kecanduan ditambah dengan tarian yang mudah diingat membuat siapapun bisa menarikan lagu ini, termasuk Britney Spears!

NoNoNo – APINK (2013)

Single ini memuncaki nomor 2 di Billboard Kpop Hot 100. Tariannya yang simple dan fun menjadikan energi tersendiri bagi lagu dan tariannya.

Tidak heran pada acara Running Man, Kang Gary bisa menarikan tarian dari lagu ini bersana Naeun dan Eunji.

Up and Down – EXID (2015)

Lagu Up and Down dari EXID ini membuat EXID menjadi terkenal dibanding debut sebelumnya. Beat dari lagu yang mudah diikuti membuat siapa saja bisa menari, termasuk personil BTS.

Bang Bang Bang – Bigbang (2015)

Bang Bang Bang yang rilis pada 2015 ini mudah dipelajari dan beat yang killer. Bukan hanya pecinta kpop yang adiict dengan lagu dan tariannya, namun idol kpop juga!

Cheer Up – TWICE (2016)

Lagu dari TWICE ini hits di tahun 2016. Lagunya yang cheerful dan gerakannya yang mudah diingat membuat siapa pun ikut menari jika musik ini diputar.

Ko ko Bop – EXO (2017)

Lagu terbaru dari EXO menjadi viral setelah adanya Ko ko Bop Challenge. Tantangannya setiap orang harus bisa menarikan lagu ini.

Musiknya yang easy listening memang bikin siapa pun yang dengar lagu ini kepengin ikut joget, ya!

(Baca juga: 7 Perbedaan Foto Seleb Indonesia Zaman Dahulu dan Sekarang! Tetap Keren!)