6 Perbedaan Seleb Kpop dan Hollywood Saat Merilis & Promosi Album Baru

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 17 Februari 2018 | 12:50 WIB
Perbedaan promosi album Kpop dan Hollywood (Kinanti Nuke Mahardini)

Meskipun sama-sama dua industri musik besar, nyantanya terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara musik Kpop dengan musik Hollywood terutama dalam promosi albumnya.

Berikut perbedaan promosi album kpop dan Hollywood:

(Baca juga: 10 Pose Seleb Korea Foto Bareng Seleb Hollywood. Mana yang Paling Favorit?)

: Jenis album musiknya hanya terdiri dari dua jenis yakni EP dan full album.

EP yang merupakan kepanjangan dari extended play bisa juga disebut dengan mini album. Mini album biasanya terdiri dari 4 hingga 7 single.

Sedangkan full album merupakan album lengkap yang berisi minimal 10 single.

: Jenis albumnya musik Kpop cenderung lebih banyak dibanding dengan musik Hollywood. Jenisnya antara lain mini album, single album, repackage, full album.

Prinsip mini album dan full album sama, namun single album ini ialah album yang berisi title track atau lagu utama yang akan dipromosikan.

Album repackage yakni rilis ulang dari full album sebelumnya namun dengan tambahan lagu baru atau remix. Contohnya, album ‘Lucifer’ kemudian repackaged album ‘Hello’ dari SHINee.

Istilah comeback ini pada musik Hollywood digunakan untuk mereka yang sudah lama tidak merilis album, sedangkan di musik Kpop istilah comeback digunakan setiap mereka merilisalbum.

Taylor Swift mengeluarkan album ‘1989’ terakhir pada tahun 2014 dan dia comeback dengan ‘Reputation’ pada 2017. Sedangkan Wanna One, debut Agustus 2017 dengan mini album pertama ‘1x1=1 (To Be One)’ sudah mengeluarkan album repackaged pada 13 November bertajuk ‘Nothing Without You’.

Musik Hollywood biasanya akan memanjakan penggemar dengan merilis audio dahulu dan MV akan menyusul.

Musik Kpop ini hanya akan merilis teaser dan saat tanggal comeback datang, mereka baru akan merilis single andalan plus music video.

Sebagai contoh, Selena Gomez sudah merilis audio version untuk ‘Wolves’ sedangkan saat Super Junior mereka merilis teaser terlebih dahulu.

(Baca juga: 5 Aktor Korea Pendatang Baru yang Paling Menyita Perhatian Saat Ini. Siap Jadi Idola Baru, Nih!)

Rilis album musik Kpop dalam setahun bisa berkali-kali, sedangkan musik Hollywood para musisinya biasanya akan merilis album minimal 1 tahun sekali.

Bahkan sampai ada yang 3 tahun “vakum.”

Ini yang unik dari musik Kpop. Biasanya jika masa promosi album sudah berakhir di sebuah program musik, maka mereka akan melakukan goodbye stage atau penampilan terakhir di atas panggung saat promosi.

(Baca juga: Siapa Polisi di Drama Korea yang Cocok Jadi Jodoh Kita? Cek Berdasarkan Golongan Darah!)