Gambaran Orangtua di Film My Generation, Sesuai dengan Kenyataan Atau Enggak?

By Debora Gracia, Kamis, 9 November 2017 | 08:45 WIB
Sesuai atau enggak? (Debora Gracia)

Ada beberapa pendapat dari karakter anak di film My Generation mengenai orangtua mereka. Bener enggak sih kalau orangtua kita juga seperti itu di kehidupan nyata? Berikut cerita dari Siska (17 tahun) mengenai orangtuanya.

Di dalam film My Generation, Orly mengatakan kalau orangtua itu selalu komplain dan membesarkan hal-hal kecil dan ini disetujui oleh Siska.

“Iya banget. Orangtua itu selalu komplain ke hal-hal yang jelas-jelas kita enggak suka dan enggak mampu, tapi mereka selalu maksa untuk lebih dan terkadang juga orang tua suka membesarkan dari hal enggak penting atau sepele jadi besar dan berakhir berantem.”

Konji diceritakan di dalam film My Generation memiliki orangtua yang over protective. Enggak boleh melakukan ini, enggak boleh begitu. Tetapi berbeda dengan Siska yang mengatakan kalau orangtuanya membebaskannya.

“Kalau orang tua gue sih enggak (posesif) ya. Mereka lebih membebaskan gue karena gue juga sudah dewasa. Paling cuma dikasih tahu untuk lebih hati-hati dan jaga diri.”

Menurut Suki, setiap orangtua ingin menjadi role model untuk anak-anaknya, tetapi bukan berarti mereka memaksa anak-anaknya menjadi seperti mereka, bukan? Walaupun begitu kita bisa seperti Siska yang melihat sisi positifnya lho, girls!

“Orangtua itu selalu memaksa kita untuk menjadi lebih baik dari mereka atau bahkan jangan sampai seperti mereka dan akhinya mereka jadi menekan kita walaupun kita enggak suka atau enggak bisa jadi seperti apa yang mereka inginkan, mereka tetap memaksa kita.”

Di dalam film My Generation, mereka mengatakan bahwa orangtua sekarang ini lebih realistis di mana mereka mengukur masa depan menggunakan uang, gimana kita bisa menjadi orang sukses, bisa jadi orang kaya. Bukan bagaimana cara kita bisa happy dengan pilihan kita.

Kalau menurut Siska, dia setuju banget dengan ini. Karena ketika kita masih sekolah saja orangtua sudah mulai memberikan advices kalau kita harus sukses, harus punya uang banyak, harus kerja yang enak, dan yang lainnya. Intinya mengenai “money issues”.  Walaupun begitu kita tetap harus ingat ya, girls kalau orangtua kita hanya menginginkan yang terbaik untuk kita.

(Shelby Zakaria)