12 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Kondisi Perut. Wajib Waspada!

By Debora Gracia, Kamis, 16 November 2017 | 11:59 WIB
Jangan disepelekan, ya! (Debora Gracia)

Sakit perut ada pada jajaran teratas di antara gejala-gejala paling umum yang menyebabkan kita mencari pertolongan medis. Tetapi terkadang kita hanya mengatakan sakit perut, nyeri perut, dan perut yang melilit, tanpa tahu pasti alasan perut yang sakit. Yuk, kita kenali tanda-tanda penyakit lewat kondisi perut kita. Wajib waspada!

Sembelit bisa ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kiri. Selain rasa sakit, sembelit dapat menyebabkan ketidaklancaran BAB, perasaan kembung, dan berkurangnya berat badan.

Kalau kita mulai merasa sakit yang mendadak di bagian kanan bawah perut bisa jadi kita terkena radang usus buntu. Tapi pada kebanyakan orang, rasa sakitnya mulai terasa di sekitar pusar dan bergerak ke perut sebelah kiri.

Divertikulitis dapat menyebabkan sakit peruh parah yang bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri, tapi dapat terjadi di sebelah kanan juga lho, girls, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri, diverticulitis juga dapat menyebabkan bengkak di perut kiri bawah, demam, mual, dan perubahan besar pada kebiasan BAB.

IBS merupakan gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas.IBS juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.

Cystitis adalah istilah yang menggambarkan peradangan kandung kemih. Biasanya kita akan merasakan sakit perut sebelah kiri bawah, sensasi terbakar saat buang air kecil atau dorongan buang air kecil berulang, serta ketidaknyamanan panggul.