4 Penyakit yang Bisa Dideteksi Oleh Kondisi Mata. Harus Waspada!

By Debora Gracia, Selasa, 21 November 2017 | 12:53 WIB
Wajib waspada! (Debora Gracia)

Mata sebagai indera penglihatan ternyata juga mampu menunjukkan gejala dari penyakit-penyakit tertentu dalam tubuh kita. Maka dari itu, kita harus tetap waspada dan mengetahui betul kondisi mata dalam keadaan sehat atau enggak. Ini 4 penyakit yang bisa dideteksi dari kondisi mata.

Kalau kita melakukan tes mata secara rutin dan menemukan sejumlah perdarahan kecil di retina, itu disebabkan oleh semburan vena yang bisa mengindikasikan adanya penyakit diabetes.

Tumor otak adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan dan sangat umum terjadi. Ketika memeriksa mata dan penglihatan menjadi enggak normal, warna saraf optik, pelebaran pupil, dan sebagainya, itu bisa membantu mendiagnosis adanya tumor otak.

Penyebab penyakit jantung yang paling jelas adalah hipertensi dan kolestrol. Kalau spesialis mata menemukan cincin putih di sekitar kornea mata kita, ini bisa menjadi indikasi adanya kolesterol tinggi atau BP tinggi, yang kemudian bisa menyebabkan penyakit jantung.

(Baca juga: 12 Penyakit yang Bisa Dideteksi dari Kondisi Perut. Wajib Waspada!)

Multiple sclerosis adalah penyakit berbahaya saat sistem kekebalan tubuh menghancurkan lapisan pelindung jaringan saraf dan menyebabkan kerusakan organ serius. Melakukan tes mata dapat membantu menentukan adanya multiple sclerosis, karena saraf optik biasanya bengkak pada orang dengan penyakit ini.

 

Nakita.id/Avrizella Quenda

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Penting! Deteksi 4 Penyakit Berbahaya Ini Hanya Melalui Kondisi Mata"