7 Fakta Menarik Tentang Korea Utara yang Mungkin Belum Kita Tahu

By Debora Gracia, Sabtu, 31 Maret 2018 | 03:35 WIB
Ini Fakta yang Harus Kamu Tahu (Debora Gracia)

Apa yang kalian pikirkan pertama kali kalau mendengar Korea Utara? Negara yang penuh otoritas dari pemimpinnya atau sangat berbeda dengan Korea Selatan? Dilansir dari Brightside.me, ada banyak fakta menarik tentang Korea Utara yang mungkin belum kita tahul, lho! Mau tahu selengkapnya? Yuk, disimak.

Ada perbedaan peta dunia dan peta Korea yang hanya terdapat di Korea Utara. Kalau di peta dunia, kita memahami kalau Korea dibagi jadi dua, Utara dan Selatan. Tapi, warga Korea Utara meyakini kalau mereka hanya terdiri dari satu negara saja. Jadi, peta ini hanya terdapat di Korea Utara.

Orang Korea Utara memiliki kepercayaan, semua orang Amerika memiliki hidung yang besar, mata besar, dan dada berbulu. Mereka diajarkan untuk membunuh tentara Amerika di kelas PE sekolah mereka. Mereka menggunakan manekin kardus yang dibuat agar terlihat seperti orang berseragam militer, hidung besar, dan mata biru yang lebar. Hii.. seram ya!

Perpajakan di Korea Utara dihapuskan pada tahun 1974. Hanya organisasi dan individu yang menghasilkan uang di luar negeri tetap terkena pajak. Namun, dikabarkan dalam waktu dekat pemerintah akan kembali memperkenalkan pajak penghasilan.

(Baca juga: 5 Perbedaan Fashion Korea Utara dan Korea Selatan, Lebih Suka yang Mana?)

Yap! Penduduk Korea Utara menyukai film buatan Amerika; Titanic dan Die Hard misalnya. Namun, mereka menonton film tersebut tanpa sadar di mana film itu dibuat dan dari mana asalnya. Lagi pula, bukan hanya orang Amerika saja yang memiliki hidung besar seperti yang mereka percaya.

Salah satu barang ekspor utama di Korea Utara adalah ikan dan makanan laut lainnya. Selain itu, Korea Utara juga termasuk 20 negara teratas yang mengekspor produk perikanan. Hebat, ya! Selain itu, Korea Utara juga mengekspor monumen, lho!

(Baca juga: 12 Perbedaan Kehidupan di Korea Utara & Korea Selatan yang Akan Bikin Kita Kaget)

Jadi, di Korea Utara ada Festival Arirang yang didedikasikan untuk merayakan hari lahir Kim Il-sung. Festival Arirang ini adalah pertunjukkan massal terbesar di dunia dan masuk ke dalam Guinness World Records Book. Sekitar 100.000 orang mengambil bagian setiap tahun. Pertunjukkan ini juga digelar di Rungrado 1st of May Stadium, stadion terbesar di dunia.

Di Korea Utara, semua cowok berusia di atas 18 tahun harus menjalani masa jabatan 10 tahun di tentara. Pada tahun 2015, cewek juga mulai diwaspadai, walaupun untuk jangka pendek yaitu setelah lulus dari sekolah menengah atas dan sampai usia 23. Makanya enggak heran, Korea Utara memiliki pasukan militer yang berlimpah.

 

(Clara Aprilia)