3 Fakta Tentang Gigi Hadid Dilarang Masuk ke Cina karena Tindakan Rasisme & Batal Tampil di Victoria's Secret Fashion Show

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 20 November 2017 | 05:00 WIB
gigi hadid (Kinanti Nuke Mahardini)

Penyelenggaraan Victoria's Secret Fashion Show sedikit terganggu karena Gigi Hadid yang menarik diri dari acara tersebut karena dirinya dilarang untuk masuk ke Cina.

Dengan kata lain, kita tidak akan melihat penampilan Gigi Hadid berjalan di atas catwalk pada acara yang akan diselenggarakan pada 20 November di Shanghai, Cina.

Berikut 3 fakta yang harus kita ketahui tentang larangan Gigi Hadid masuk ke Cina dan tuduhan tindakan rasisme yang ia lakukan:

(Baca juga: Urutan MV Red Velvet dari yang Paling Seram & Aneh HIngga yang Biasa. Peek-A-Boo Nomor Satu)

Gigi Hadid dilarang masuk ke Cina setelah beredar video pada salah satu jamuan makan, Gigi terlihat memegang kue  berbentuk patung yang berwajah Buddha.

Tidak lama kemudian, Gigi menirukan patung wajah tersebut dengan menyipitkan matanya. Tindakan ini disebut sebagai tindakan rasis bagi rakyat Cina karena menyipitkan mata berarti mengejek masyarakat Cina yang lekat dengan stereotip sipit.

Akibatnya, Gigi tidak berhasil mendapatkan visa untuk tampil di acara ini.

Di akun twitter pribadi miliknya, ia mengungkapkan rasa penyesalan yang setulus-tulusnya atas perbuatan yang telah ia lakukan. Ia juga mengungkapkan tidak sabar menunggu penampilannya bersama Victoria Secret di tahun depan.

(Baca juga: 8 Fakta Penampilan BTS di American Music Awards yang Wajib Kita Ketahui)

Tidak sedikit publik yang kecewa terhadap apa yang dilakukan Gigi Hadid karena telah bertindak rasis. Salah satu netizen juga menganggap bahwa permintaan maaf tidak akan cukup dengan apa yang telah Gigi lakukan. 

(Baca juga: Ini Dia Cewek yang Paling Sering Kena PHP, Lihat Berdasarkan Bulan Lahir)

Bukan hanya Gigi Hadid, Katy Perry yang tadinya akan tampil di Victoria's Secret Fashion Show juga tidak berhasil mendapatkan visa karena alasan politis.

Ketika konser di Taiwan, Katy Perry memakai dress bergambar bunga matahari dan menjadikan bendera Taiwan sebagai jubah. Ditambah karena bunga matahari merupakan lambang protes anti-Cina yang terjadi di Taiwan tahun 2014.

Ini hal yang umum dilakukan artis ketika konser di suatu negara, tapi jadi masalah karena ada ketegangan politik antara Cina dan Taiwan.

Dikutip dari complex.com, "untuk setiap artis yang akan tampil di Cina, pemerintah akan melihat media sosial dan berita mereka untuk mencari tahu apakah mereka pernah berbuat sesuatu yang menyinggung negara."

Sebelumnya, Maroon 5 juga batal tampil di Cina karena tidak mendapat visa. Alasannya, karena salah satu personil mengucapkan selamat ulang tahun kepada Dalai Lama.