Kenapa Kimchi, Makanan Tradisional Korea Jadi Google Doodle Hari Ini? Simak 3 Infonya!

By Debora Gracia, Rabu, 22 November 2017 | 02:11 WIB
Yummy! (Debora Gracia)

Kalau kita buka halaman depan Google hari ini, pasti bisa melihat ada ilustrasi gambar kimchi di bagian doodle-nya. Buat yang sering nonton drama Korea, pasti paham banget dengan makanan tradisional asal Negeri Ginseng ini. Kenapa kimchi jadi Google Doodle hari ini? Yuk, simak 3 infonya!

Pada 22 November diperingati sebagai Kimchi Day atau Perayaan Kimchi di Korea. Jadi, menurut tradisi Korea, kalau mereka menggarami kimchi pada hari ini, maka kimchi tersebut akan punya rasa yang luar biasa. Kimchi adalah makanan sejenis asinan sayuran hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Kubis jadi bahan utama dari kimchi. Lalu, dicampurkan dengan bawang putih, kecap ikan, paprika, garam, jahe, lobak, hingga wortel.

(Baca juga: Resep Enak dan Gampang Masak Kimchi Stew Ala Taeyang ‘BIGBANG’)

Kimchi pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600-3.000 tahun yang lalu. Zaman dulu, kimchi diucapkan chim-chae yang artinya sayuran yang direndam. Pada abad ke-18, untuk pertama kalinya kimchi difermentasi dengan menggunakan bumbu pedas. Saat ini, ada ratusan jenis kimchi yang berbeda di berbagai daerah. Baechu Kimchi, Kkadugi, Nabak Kimchi, adalah sedikit dari jenis kimchi paling terkenal di Korea. Sudah pernah mencobanya?

(Baca juga: 11 Makanan Korea Paling Ekstrem, Berani Coba?)

Tahu enggak, kalau mengonsumsi kimchi ternyata punya manfaat untuk kesehatan kita, lho. Kimchi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, mampu menurunkan kadar kolestrol, kaya antioksidan, bahkan mampu menurunkan berat badan, lho. Ditambah lagi, kimchi juga makanan yang kaya sumber bakteri lactobacillus sehat yang bermanfaat bagi tubuh kita. Bisa jadi ini rahasia orang Korea memiliki kulit yang sehat, nih.