4 Tipe Orang Dalam Mencintai. Kamu Termasuk yang Mana?

By Indra Pramesti, Minggu, 10 Desember 2017 | 13:30 WIB
Kamu termasuk yang mana? (Indra Pramesti)

Jatuh cinta emang seringnya kayak misteri. Kita bisa jatuh cinta sama siapapun bahkan kadang enggak ada alasannya. Saat banyak yang bilang kalau cinta enggak bisa dijelasin pakai logika, research profesor anthropology, Dr. Helen Fisher, meneliti soal cinta yang bisa dijelasin lewat illmu pengetahuan.

Lewat penelitiannya, Fisher menyatakan kalau ada 4 tipe orang dalam mencintai. Kamu termasuk yang mana girls?

(Baca juga: Yuk Bongkar Kepribadian Kita Berdasarkan 10 Jenis Jabat Tangan)

Tipe explorer sering dikaitkan dengan jiwa petualang, spontan, dan menyenangkan. Karena orang dengan tipe ini didominasi hormon dopamine, maka dia cenderung mencari pacar atau pasangan yang seperti seorang playmate baginya supaya bisa diajak seru-seruan melakukan banyak hal yang dia sukai. Tipe ini juga punya sifat yang impulsif dan selalu ingin tahu.

Tipe explorer akan cenderung tertarik pada orang yang juga adalah tipe eksplorer. Karena kesamaannya ini, mereka jadi enggak susah untuk saling cocok satu sama lain.

Meski begitu, dua tipe explorer juga terkadang enggak bisa lepas dari masalah. Kalau mereka enggak bisa menyamakan passion, bisa dijamin keduanya bakal putus enggak baik-baik.

Tipe builder sering dikaitkan dengan keluarga, kejujuran dan loyal. Karena orang tipe ini didominasi hormon serotonin, maka dia cenderung mencari pacar atau pasangan yang bisa membantunya. Tipe ini juga punya sifat yang santai, punya jiwa sosial, kalem, dan mencintai keluarga serta komunitas.

Tipe builder akan cenderung tertarik dengan sesama builder. Seringnya mereka akan saling mengenal lama di sebuah komunitas dan berawal dari persahabatan.

Supaya hubungan antara dua builder bisa bertahan lama, maka keduanya harus bisa berpikir open minded dan fleksibel.

(Baca juga: Apakah Meningkatnya Kasus Remaja Bunuh Diri Akibat Media Sosial? Ini Dia Jawabannya!)