12 Hal yang Hanya Ada di Korea Utara. Bikin Enggak Nyangka!

By Indah Permata Sari, Kamis, 15 Februari 2018 | 14:20 WIB
12 Hal yang Hanya Ada di Korea Utara. Bikin Enggak Nyangka! (Indah Permata Sari)

Banyak hal yang misterius dan aneh yang kita dengar mengenai Korea Utara. Enggak jarang juga hal yang terdengar tidak mungkin ternyata sungguhan ada di Korea Utara.

Dilansir dari laman brightside.me, ini dia 12 hal yang hanya ada di Korea Utara. Bikin enggak nyangka!

Ada kalender yang berbeda tahunnya bagi Korea Utara, yaitu sejak tahun 1997 dibuat kalender baru sesuai dengan kelahiran Kim Il Sung yang lahir pada tahun 1912.

Jadi, jika berdasarkan tahun kelahiran Kim Il Sung, maka tahun ini adalah tahun 106! Korea Utara selalu merilis 2 kalender, yaitu kalender yang kelahiran tahun Kim Il Sung dan tahun yang normal.

Pada tahun 1957, Korea Utara membagi negaranya menjadi terdiri dari 3 kelas sosial utama, yaitu loyal “core class” (tomat), the “wavering class” (apel), dan the “hostile class” (anggur). Dan seluruh kelas ini dibagi lagi jadi 50 grup.

Kelas tomat adalah kelas yang berisikan politisi dan juga pergawai militer, kelas apel yang berisikan masyarakat biasa, dan kelas anggur berisikan orang-orang yang melanggar aturan.

Di Korea Utara hampir enggak ada jalan yang dibangun. Hanya 8% dari semua jalan ditutupi dengan permukaan yang padat. Tapi bagi warga Korea Utara sih sebenarnya enggak masalah.

Semua transportasi dalam negeri dikendalikan oleh pihak berwenang, hanya orang militer dan politisi saja yang mampu beli mobil. Masyarakat umum biasanya pergi menggunakan sepeda.