Menurut Penelitian, Ini Alasan Orang Suka Memejamkan Mata Saat Ciuman. Sudah Tahu?

By Debora Gracia, Sabtu, 16 Desember 2017 | 14:52 WIB
Sudah tahu? (Debora Gracia)

Saat lihat adegan orang ciuman di film, komik, atau serial TV, pasti mereka memejamkan mata deh. Pernah merasa penasaran kenapa orang suka memejamkan mata pas ciuman? Menurut penelitian, ini alasannya.

Menurut para ilmuwan, menutup mata saat berciuman dengan pasangan, hal itu akan membuat orang tersebut mudah berkonsentrasi terhadap ciuman itu saja. Seorang peneliti dari Royal Holloway, University of London (RHU), mempelajari bagaimana rangsangan visual yang mengganggu indera.

Untuk penelitian ini, 16 relawan melakukan tugas dengan berbagai tingkat kesulitan. Pada saat yang sama, mereka harus bereaksi terhadap getaran singkat yang diterapkan pada tangan kanan atau kiri mereka Hasilnya, ternyata mereka enggak bisa berkonsentrasi pada dual hal yang dilakukan dalam waktu bersamaan.

"Kita sudah mengetahui bahwa peningkatan tuntutan dari stimuli visual bisa mengurangi kemampuan kita untuk mendeteksi stimuli visual dan auditori lainnya," kata penulis studi ini, Dr Sandra Murphy, seorang rekan penelitian psikologi pasca-sarjana di RHU.

Penelitian tersebut pun meluas ke indera peraba. Mereka memang enggak secara langsung meminta responden untuk berciuman, tetapi hal ini menunjukkan alasan kita menutup mata saat melakukannya.

Sebab, menurut penelitian ini, orang yang menutup mata bisa meningkatkan kesadarannya atau lebih berkonsentrasi. Jadi memang ciuman itu ternyata butuh konsentrasi yang lumayan tinggi, makanya orang yang melakukannya akan memejamkan mata.