Terungkap! Berikut Makna dari Julukan Rapper pada Grup. Bagaimana Menurut Kamu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 26 Mei 2018 | 12:51 WIB
Suga dan Rap Monster 'BTS' (Kinanti Nuke Mahardini)

Grup kpop baik boyband maupun girlband tidak ada yang tidak memiliki rapper. Dengan kata lain, hampir pada semua grup kpop pasti memiliki rapper. Dilansir dari netizenbuzz.com, ternyata terdapat 2 golongan karakteristik yang bisa menjadi patokan apakah idol dalam grup tersebut benar-benar rapper atau bukan. Berikut 2 kategori karakteristik rapper:  

(Baca juga: 10 Drama Korea dengan Jalan Cerita di Luar Ekspektasi yang Seru untuk Ditonton)

Kategori pertama, disebutkan bahwa seseorang dapat disebut rapper jika mereka memang benar-benar memiliki bakat nge-rap. Ciri-ciri seorang rapper ialah setidaknya terdapat bagian minimal dua menit dalam sebuah lagu, dapat memproduksi lagu secara umum, lirik rap ditulis oleh dirinya sendiri, dan dapat melakukan rap pada lagu atau teks lain, bukan hanya lagunya.

Julukan ini sebenarnya agak kurang adil, karena mereka yang tidak begitu pandai bernyanyi justru akan mendapat julukan rap position. Ciri-ciri dari rap position ini biasanya memiliki bagian kurang dari dua menit dan diletakan di awal lagu, lirik tidak ditulis mereka sendiri, dan biasanya fans akan menutupi kekurangan mereka dengan menonjolkan visual mereka. Setuju? 

(Baca juga: Happy Birthday, Chanyeol! Ini 8 Hal yang Bikin Kita Jatuh Cinta dengan Chanyeol 'EXO')