Kereta Bandara Soekarno-Hatta Segera Beroperasi. Ini 4 Fakta yang Harus Kita Tahu!

By Debora Gracia, Selasa, 28 November 2017 | 03:22 WIB
Bebas macet menuju bandara. Asik! (Debora Gracia)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Railink mengumumkan akan segera mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno-Hatta pada Desember 2017 mendatang. Jadi, kita akan dimudahkan dalam hal transportasi menuju bandara. Nah, dalam pengoperasian kereta api ini akan dilakukan secara bertahap. Ini 4 fakta yang harus kita tahu.

Dilansir dari Kompas.com, PT Railink telah menyiapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Satu rangkaian (trainset) terdiri dari enam kereta yang bisa mengangkut 272 penumpang. Lama waktu yang ditempuh untuk bisa sampai ke bandara adalah sekitar 55 menit.

Sebagai pembuka dari beroperasinya Bandara Soekarno-Hatta akan diberlakukan tiket promo, yaitu sebesar 30 ribu hingga 1 Januari 2017. Setelah itu, harga normalnya adalah 100 ribu rupiah.

Kereta api Bandara Soekarno-Hatta akan berhenti di beberapa stasiun yaitu, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan terakhir Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Tapi, untuk tahap awal, kereta bandara baru akan beroperasi dari Stasiun Sudirman Baru dan hanya akan berhenti di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan, kereta pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru pukul 03.21 WIB dan sampai di Bandara Soekarno-Hatta pukul 04.18 WIB, sedangkan untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 WIB di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 23.48 WIB.

(Baca juga: Curhatan Pengguna Kereta Commuter Line Tentang Toleransi Kepada Pengguna Kursi Prioritas)

Fasilitas yang ada di kereta api Bandara Soekarno-Hatta dibuat dengan interior seperti di dalam pesawat. Enggak hanya itu, kereta ini juga dilengkapi dengan pendingin udara, tempat mengisi daya baterai smartphone kita, serta toilet yang terpisah antara cowok dan cewek.

Selain itu, tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus yang gunanya untuk menempatkan barang bawaan. Dijamin kita enggak bakalan bosan selama perjalanan, karena di dalam kereta adalah TV LED yang bisa menjadi sarana hiburan.