3 Alasan Jambu Klutuk Bisa Menurunkan Berat Badan. Tertarik untuk Mencobanya?

By Debora Gracia, Selasa, 28 November 2017 | 04:05 WIB
Yuk, konsumsi jambu klutuk mulai hari ini! (Debora Gracia)

Jambu klutuk atau yang juga disebut jambu biji ternyata punya manfaat yang banyak untuk kesehatan. Termasuk buat kita yang pengin mengurangi berat badan. Prakisi Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan, Shilpa Arora, mengungkapkan jambu klutuk kadar Indeks Glikemik yang rendah, artinya buah ini enggak menaikkan kadar gula darah. Lalu, kenapa bisa membantu menurunkan berat badan? Ini 3 alasannya.

Jambu klutuk memiliki rendah kalori, yaitu hanya sekitar 52 kalori untuk 100 gram jambu dan memiliki sedikit lemak. Selain itu, jambu klutuk kaya serat dan protein. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk dicerna, hal ini akan bikin kita kenyang lebih lama kalau mengonsumsinya.

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu klutuk akan mengatur metabolisme kita.

(Baca juga: 8 Buah-Buahan yang Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Bikin Wajah Jadi Lebih Flawless)

Jambu biji, terutama yang enggak matang, memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya. Jambu adalah buah kaya serat makanan, dan memenuhi sekitar 12 persen asupan serat harian kita. Artinya, jambu klutuk menjadi buah yang baik untuk semua masalah perut kita.

(Baca juga: 6 Tips Diet yang Salah & Enggak Membuat Berat Badan Turun)

Kalau kita mengonsumsi jambu klutuk, dalam bentuk apa pun, akan membantu kita untuk buang air besar lebih baik dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, jambu klutuk ternyata adalah buah terbaik untuk kondisi ketidakseimbangan hormon, lho. Yuk, mulai konsumsi jambu klutuk mulai hari ini!

(Kompas.com/Glori K. Wadrianto)

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Mau Kurangi Berat Badan? Coba Makan Jambu Klutuk"