9 Hantu & Kisah Misterius di Kota Surabaya yang Bikin Merinding dan Enggak Bisa Tidur

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 18 Januari 2018 | 14:50 WIB
Kisut (Kinanti Nuke Mahardini)

Di balik statusnya sebagai kota maju dan terbesar kedua, Surabaya dikenal sebagai salah satu kota yang menyimpan berbagai kisah menyeramkan.

Berikut 8 hantu & kisah misterius di Surabaya yang bikin merinding dan engak bisa tidur.

(Baca juga: Selain Stuntman Demian Aditya, 8 Stunt Performer Ini Juga Alami Kecelakaan Hingga Kematian Saat Menjalankan Aksi)

Welthok merupakan hantu asli Surabaya. Ia memiliki tubuh yang kecil. Kepalanya tidak bertempurung namun keluar bara api.

Welthok ini suka mencari udang di tepi sungai dan ia memasak udang tersebut di atas kepalanya.

Kisut merupakan bayangan hitam yang biasanya akan menemani siapa pun yang berjalan sendirian. Ia akan menjelma menjadi orang dikenal dan menemaninya.

Kisut ini berasal dari Pacitan dan ceritanya beredar hingga ke Surabaya.

Wanita bergaun putih sering terlihat di Hotel Majapahit. Hotel ini merupakan hotel tempat bendera Belanda dirobek oleh masyarakat Surabaya.

Wanita bergaun putih ini sering terlihat di Java Room. Konon, perempuan tersebut merupakan arwah perempuan pribumi yang dibunuh di dalam hotel. Ia biasanya terlihat sambil menangis tersedu-sedu.

Kisah ini terjadi di kawasan Rungkut, Surabaya. Pada salah satu musholla, saat adzan Maghrib dan orang-orang berwudhu, seseorang melihat sosok menyerupai manusia namun sekujur tubuhnya berwarna merah. Selesai berwudhu, orang tersebut menghilang.

(Baca juga: 15 Quotes di Drama Korea yang Paling Ikonik Sepanjang Masa. Ada Favoritmu?)

Sebelum menjadi pusat perbelanjaan, Delta Plaza merupakan Rumah Sakit Simpang yang sering didatangi korban perang. Warga sekitar sering melihat sosok mistis berupa suster dengan tubuh gepeng di Delta Plaza karena dahulu ia merupakan suster Rumah Sakit Simpang yang meninggal karena kecelakaan lift.

Di rumah yang sudah enggak berpenghuni selama 10 tahun ini banyak beredar cerita tentang seremnya rumah ini. Rumah ini dibilang rumah hantu karena warga sekitar sering melihat penampakan berbagai wujud di rumah ini.

Mulai dari wanita cantik hingga hantu dengan wajah paling menyeramkan

Dahulu Balai Pemuda merupakan pusat hiburan di zaman Belanda. Namun, saat ini balai Pemuda dialih fungsi sebagai venue konser dan gedung serbaguna untuk pernikahan.

Terdapat satu pohon raksasa yang sering mengeluarkan lantunan musik pesta di malam hari. Merinding!

Kisah bus jurusan Surabaya - Solo ini sudah populer di kalangan masyarakat dan ada beberapa masyarakat yang percaya bahwa kisah ini tidak boleh diceritakan.

Bus hantu ini merupakan bus yang mengalami kecelakaan dan menewaskan hampir seluruh penumpang bahkan sopir dan kernetnya.

Siapa pun yang menaiki bus ini akan merasa sangat cepat sampai ke tujuan dan biasanya jika kita tidak membayar dengan uang pas, uang kembalian akan berubah menjadi kapas yang berlumuran darah.  

Gedung Grahadi dahulunya merupakan tempat pengadilan tinggi pada zaman penjajahan Belanda. Namun, beberapa penjaga menyatakan bahwa ia sering melihat hantu meneer Belanda yang melintasi lorong.