5 Aktor Indonesia yang Mengawali Karier Jadi Komika. Siapa Favoritmu?

By Debora Gracia, Selasa, 12 Desember 2017 | 08:30 WIB
Mana yang jadi favoritmu? (Debora Gracia)

Stand up comedy jadi salah satu genre profesi komedian yang punya penggemarnya sendiri. Komika, orang yang melakukan pertunjukkan stand up comedy ternyata enggak hanya berbakat berkomedi saja tapi sebagian juga berhasil akting di layar lebar, lho! Siapa saja? Ini 5 aktor Indonesia yang mengawali karier jadi komika. Mana favoritmu?

Kemal Palevi dikenal sebagai juara 3 dari Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV pada tahun 2012 lalu. Setelah itu, ia lebih sering main film dengan genre komedi, romantis, hingga horor. Beberapa judul film sudah dimainkannya, seperti Crazy Love, Comic 8, Surga Yang Tak Dirindukan. Film terakhirnya yang baru tayang adalah Keluarga Tak Kasat Mata. Selain jadi aktor, Kemal sebanyak penyanyi dan aktif di YouTube.

Bernama lengkap Genrifinadi Pamungkas, menjadi juara 1 dari Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season ke dua. Saat itu, Ge adalah finalis dari Bandung. Sukses jadi komika, Ge melebarkan sayap kariernya jadi aktor. Negeri Van Oranje, Ngenest The Movie, Mars Met Venus, dan Jomblo adalah beberapa film yang sudah dibintanginya.

(Baca juga: 7 Aktor Indonesia yang Sukses Membuat Kita Jatuh Cinta Karena Kemampuan Aktingnya)

Lahir sebagai keturunan Tionghoa di Indonesia justru membuat nama Ernest Prakasa jadi melejit. Saat menjadi komika, ia sering membawa kisah hidupnya dalam materi stand up. Ernest juga menjadi juara 3 dalam Stand Up Comedy Indonesia pada season pertama.

Enggak hanya sukses jadi komika, Ernest juga sukses jadi aktor, produser, hingga sutradara. Koala Kumal, Rudy Habibie, Stip & Pensil adalah sebagian film yang dibintanginya. Sedangkan ia sudah menyutradarai 3 film, yaitu Ngenest The Movie, Cek Toko Sebelah, dan yang akan tayang, Susah Sinyal. Keren!

(Baca juga: 8 Seleb Cowok Indonesia di Bawah 20 Tahun yang Siap Jadi Gebetan Kita!)

Setelah jadi juara 3 pada Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season ke tiga, Arie juga dikenal sebagai aktor. Pembawaannya yang kocak justru jadi ciri khas dalam setiap perannya. Malam Minggu Miko The Movie, Stip & Pensil, Comic 8, Jomblo, adalah beberapa film yang ia mainkan.

Meski Dodit enggak meraih juara dalam kompetisi Stand Up Comedy Indonesia, ia tetap dikenal sebagai komika yang unik. Pembawaannya yang kalem dan suka membawa biola jadi daya tarik sendiri. Saat berakting di layar lebar, ia pun tetap mempertahankan ciri khasnya yang kalem tapi kocak. Kita bisa melihat Dodit dalam beberapa film, seperti Cek Toko Sebelah, Talak 3, The Underdogs.