3 Tips Ardina Putri untuk Jadi Lebih Percaya Diri & Menghadapi Komen Negatif di Instagram

By Debora Gracia, Jumat, 8 Desember 2017 | 07:59 WIB
Yuk, belajar pede dari sekarang! (Debora Gracia)

Saat ini, medsos memberi kebebasan untuk kita bisa berekspresi juga menilai orang lain dari postingan mereka. Tapi enggak jarang, saat kita upload foto atau video di Instagram ada saja yang bikin enggak pede, misalkan dibilang gendutan, lipstiknya enggak cocok, wajahnya kelihatan tua, dan sebagainya.

Tanpa disadari, komen negatif itu bisa mengurangi rasa percaya diri kita, lho! Daripada pusing mikirin komentar orang lain, coba tiru tips percaya diri ala Ardina Putri. Ardina, yang akrab disapa Dina, sudah menjadi content creator di Instagram sejak tahun 2012. Kita bisa meniru tips ampuh dari Dina. Yuk, disimak!

Dina pernah merasa risih bahkan kepikiran dengan komentar netizen yang bilang dia gendutan. Bahkan, saat itu Dina sampai enggak mau makan seharian. Dina merasa kesal kenapa orang enggak pernah ketemu langsung dengan dirinya bisa langsung nge-judge seperti itu.

Tapi makin lama, Dina makin belajar untuk kadang kala perlu bersikap 'bodo amat'. Dalam artian, buat apa mempedulikan komentar negatif ketika banyak pula komentar positif yang datang kepada kita. Benar juga, ya!

"Kadang komentar negatif ya aku delete aja. Tapi kadang juga membuat aku introspeksi diri, yang terpenting adalah menikmati prosesnya dalam membuat konten. Jadi, kalau ada komentar negatif ya sudah, mau diapain lagi?" ujar Dina yang juga punya channel di YouTube ini.

(Baca juga: Cara Bikin Konten Lucu Ala Ardina Putri)

Ketika ditanya, apakah Instagram memengaruhi tingkat kepercayaan dirinya, Dina langsung menjawab iya. Instagram justru bikin lebih pede karena merasa banyak yang mendukung. Dina juga menceritakan saat dia bikin 30 Days Fit Challenge dan ia share di Instagram, dia juga pengin orang lain ikutan challenge tersebut agar punya pola hidup lebih sehat.

Dan karena ia benar-benar share semuanya di Instagram saat challenge tersebut, Dina pun merasa lebih pede menjalaninya. Hasilnya, bukan hanya berat badan yang turun dan makin hidup sehat, tapi ia merasa punya lebih banyak teman. Dari sini, kita bisa contek cara Dina dalam membuat konten yang menginspirasi orang lain juga, girls!

(Baca juga: Gunakan 10 Hashtag Paling Populer Supaya Foto Liburan Kamu di Instagram Banjir Likes!)

Enggak ada tips pede lebih ampuh daripada mencintai diri sendiri. Setelah paham sama diri sendiri, maka rasanya apa pun yang kita lakukan akan jauh lebih mudah. Dina pun setuju dengan hal ini.

"Love yourself before you love each other. Maka setelah itu, rasa percaya diri akan tumbuh. Mau pakai baju dan celana apa pun, orang akan melihatnya cocok-cocok saja, ketika kita pede. Kalau kita mencintai tubuh kita, nanti juga akan keluar aura yang positif. Pokoknya buat semua cewek harus merasa pede dan jangan peduli omongan orang lain. Tunjukkin apa yang kita suka dan jangan takut apa kata orang," ucap Dina.