Fade2Black Ajak Kita Buat Menyayangi Hewan, Yuk Jangan Siksa Mereka!

By Debora Gracia, Jumat, 8 Desember 2017 | 16:59 WIB
Sayangi Hewan Di Sekitarmu (Debora Gracia)

Pada tahun 2014, Fade2Black terlibat dengan satu yayasan pelestarian orangutan, yakni Borneo Orangutan Survival Foundation. Mereka diajak untuk mengampanyekan hewan asli Indonesia yang sudah hampir punah ini bersama dengan Nadine Chandrawinata juga.

Selain itu, Fade2Black juga diminta dalam satu program yayasan tersebut untuk mengadopsi orang utan. Ada dua orangutan yang menarik perhatian mereka dan akhirnya mereka pilih, yakni Kopral dan Shelton. Dua orangutan tersebut saling melengkapi satu sama lain dengan kekurangan yang dimilikinya. Dari orangutan tersebut pula Fade2Black terinspirasi menulis lagu yang berjudul Tangan dan Mata.

Sebagai pecinta hewan, Fade2Black mau berbagi pesan buat orang-orang di luar sana yang sering enggak menganggap hewan juga salah satu makhluk hidup yang harus dihargai dan disayangi. Yuk, kita simak!

Bayangkan diri kita ada di posisi mereka

“Jangan seenaknya memperjualbelikan hewan. Terutama hewan langka,” kata Santoz, salah satu personil Fade2Black.

Banyak orang yang seenaknya memperjualbelikan hewan demi keuntungan kantongnya. Hewan-hewan langka banyak diburu untuk dijual dan meraih keuntungan. Hal yang kayak gitu banyak kerugiannya lho girls. jadi, sayangi hewan-hewan yang ada di sekitar ya. Bayangkan saja mereka adalah diri kita.

Lebih bertanggung jawab

Apabila ingin memelihara hewan yang memang diperbolehkan, kita harus lebih bertanggung jawab. Memelihara hewan bukan hanya sekadar untuk lucu-lucuan aja ya girls. Mereka makhluk hidup yang butuh dirawat juga, kalau enggak mau melihara jangan melihara.

“Kalau mau lucu-lucuan sama hewan mah pelihara aja di tamagotchi aja,” ujar Tito.

Jangan memaksakan memelihara hewan

Kalau memang dia bukan hewan peliharaan, jangan memaksakan buat dipelihara. Mereka juga butuh hidup di habitatnya.

Hewan-hewan liar yang dipaksakan dipelihara sejatinya mengganggu ekosistem alam juga lho girls. Mereka seharusnya hidup dan bebas mencari makan di luar bukan untuk dipelihara, sehingga enggak jarang hewan-hewan tersebut mengalami stress dan malah berakibat fatal buat pemeliharanya. Wah, serem ya girls.

Jadi, ayo sayangi hewan di mana pun. Mereka butuh kasih sayang sama seperti kita. Mereka hidup bukan untuk disiksa dan disakiti.

( Clara Aprilia )