10 Rekomendasi Buku Yang Wajib Kita Baca Sebelum Berusia 17 Tahun!

By Indra Pramesti, Sabtu, 28 April 2018 | 08:45 WIB
Udah baca yang mana aja nih girls? (Indra Pramesti)

Yang suka baca buku, angkat tangan! Eiits, tapi yakin nih udah baca semua buku-buku keren berikut ini? Seenggaknya, sebelum kita berumur 17 tahun, kita harus udah baca semua buku ini nih, girls. Kamu sudah baca yang mana aja?

(Baca juga: 7 Drama Korea Lama dengan Kisah Paling Sedih dan Tragis. Pasti Bikin Nangis!)

Buku yang satu ini wajib banget dibaca dalam hidup kita nih girls. Gimana enggak, J.K. Rowling berhasil menciptakan tokoh fiksi yang begitu hidup dan bikin kita sellau pengin ngerasain hidup di dunia sihir. Berapapun umur kita, buku ini masih asyik buat kit abaca lho!

The Hunger Games juga jadi salah satu buku yang wajib kita baca, terutama buat cewek-cewek yang pengin terinspirasi sama Katniss Everdeen yang super cool dan kuat ini!

Buat cewek remaja yang membaca buku ini pasti bisa relate banget sama ceritanya. Kita juga diajarin gimana caranya menghadapi perubahan dan hal-hal yang sering bikin kita gelisah di masa-masa puber.

Buku yang udah diangkat ke layar lebar ini nyeritain tentang kehidupan si introvert Charlie menghadapi masa remajanya. Enggak hanya penceritaannya yang unik, pesan moralnya juga ngena banget sama kita.

Buku ini paling cocok buat kita yang berumur 17-19 tahunan karena tema ceritanya yang sedikit lebih dewasa. Dalam buku ini, diceritakan seorang cewek yang kakaknya menderita kanker. Menyentuh banget!

(Baca juga: Selain Ed Sheeran, 9 Seleb Ini Juga Menerima Gelar Kebangsawanan Kerajaan Inggris)

Stargirl nyeritain tentang gimana pentingnya kita untuk menjadi diri sendiri. Bukunya enggak terlalu berat tapi ceritanya yang menyentuh dan meaningful bisa dikemas dalam setiap lembar halamannya.

Tema ceritanya yang masih kanak-kanak, cocok buat dibaca sama kita yang berumur 10-11 tahunan. Buku ini ngajarin kita tentang belajar terhadap perubahan-perubahan dalam kehidupan kita. Ada juga buku sequelnya yang disesuaikan dengan bertambahnya umur kita juga.

Diawal cerita, kita bakal disuguhi dengan tema yang terkesan romantis. Tapi semakin kita membaca lembar halamannya, ternyata buku ini menyimpan cerita tentang mengenali dan menemukan jati diri lho. Cool!

Speak menceritakan tentang seorang remaja yang depresi setelah terjadi hal yang buruk di pestanya. Ceritanya benar-benar jujur dan menyentuh. Cocok dibaca buat remaja seperti kita.

Buku ini memberi kita pelajaran bahwa enggak selamanya kita membutuhkan orang lain ketika menghadapi masalah. Kadang, kita juga perlu bergerak sendiri untuk menyelesaikannya.

(Baca juga: Wajib nonton! Rekomendasi 3 Film Komedi Romantis dari Cina yang Bikin Baper)