5 Tipe Pasangan Saat Berpacaran. Kamu Termasuk yang Mana?

By Indra Pramesti, Sabtu, 26 Mei 2018 | 04:30 WIB
Kamu dan pacar termasuk yang mana girls? (Indra Pramesti)

Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh relationship psychologist, John Gottman, ditemukan bahwa setidaknya ada 5 jenis tipe pasangan sata berpacaran. Yakni conflict avoiders, volatile couple, validating couple, hostile couple, dan hostile-detached couple. Biar lebih jelas, yuk kenali karakter dari masing-masing 5 tipe pasangan sata berpacar. Kamu termasuk yang mana?

(Baca juga: Bongkar Tipe Pacar Seperti Apa Kita, Berdasarkan Urutan Kelahiran)

Ciri-ciri dari tipe pasangan ini adalah kerap menghindar dari konflik, mencegah diri untuk terlalu terbuka satu sama lain, dan akhirnya merayakan kebahagiaan atas hubungan mereka.

Tipe pasangan ini bisa saling menyeimbangkan antara kemadirian dan ketergantungan satu sama lain. Singkatnya dua orang yang pacaran dengan cara ini punya batasan yang jelas dan saling menghormati urusan masing-masing.

Hampir berkebalikan dengan Conflict Avoiders, pasangan ini sangat emosional dan mudah terbuka soal perasaan yang mereka rasakan satu sama lain. Kalau ada konflik, keduanya akan berdiskusi buat menyelesaikan konflik tersebut.

Meski berdebat, Volatile Couple termasuk yang suka menyelesaikan masalah dengan cara yang fun. Artinya ada banyak tawa dan humor selama proses menyelesaikan konflik.

Volatile Couple memang suka berdebat dan berargumen, tapi mereka enggak pernah slaing menyakiti atau enggak menghormati pendapatn pacarnya.

Validating Couple sering diibaratkan sebagai pasangan yang tenang dan santai. Meski keduanya ekspresif dalam mengungkapkan perasaan, tapi masih bisa memberi batasan sehingga enggak menyakiti pacarnya.

Tipe pasangan ini bisa dibilang merupakan gabungan antara Conflict Avoiders dan Volatile Couple.