Ini yang Ada di Pikiran Cowok Tentang Ciuman Pas Pacaran. Wajib Atau Enggak?

By Debora Gracia, Rabu, 24 Januari 2018 | 11:15 WIB
Ciuman itu wajib atau enggak, ya? (Debora Gracia)

Ciuman bibir pas pacaran itu wajib atau enggak, rasanya pertanyaan itu kadang bikin kita kepikiran. Apa iya benar ukuran sayang seseorang dinilai dari sebuah ciuman? Tapi gimana kalau kita belum benar-benar siap waktu pacar kita memintanya? Daripada bingung, simak pengakuan cowok Indonesia tentang ciuman waktu pacaran. Wajib atau enggak?

"Menurut gue sih penting. Bisa meningkatkan rasa percaya sama pasangan. Soalnya zaman sekarang tuh bentuk pacaran udah bervariasi, ya minimal ciuman lah ya kalau zaman sekarang tuh menurut gue." - Naufal Dwihimawan (20tahun, Depok)

"Sangat penting. Untuk menjaga keharmonisan serta mempererat sebuah ikatan dalam hubungan." - Fergin (21tahun, Bandung)

Kalau kita memang siap dan mau sih enggak masalah, tapi gimana kalau kita belum siap untuk ciuman? Dalam sebuah hubungan pacaran, meningkatkan komitmen itu enggak hanya melulu tentang ciuman. Rasa saling perhatian, komunikasi yang baik, dan saling pengertian jadi faktor yang lebih penting dari sekadar ciuman.

(Baca juga: Perlu Tahu, Ini 10 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Cewek & Cowok Saat Ciuman)

"Tergantung orangnya sih. Ciuman itu bisa mengukur seberapa dekat dan terbukanya hubungan kita sama pasangan. Soalnya kalau kita tertutup dan belum harmonis enggak akan mungkin bisa ciuman karena canggung. Ciuman itu ada yang karena nafsu dan karena cinta bisa dilihat atau dirasakannya sama orang itu sendiri." - Fauzan Benzela (20tahun, Bekasi)

Punya #relationshipgoals yang sehat itu penting, jangan sampai kita terjebak dengan gaya pacaran yang salah, apalagi hanya pengin ikut-ikutan teman atau tren saja. Kalau misalkan pacar minta ciuman dan kita belum siap, ada baiknya kita jujur sama dia.

"Kalau untuk memenuhi nafsu sih kayaknya penting, tapi kalau dilihat lebih jauh lagi banyak enggak pentingnya. Karena gue menghargai ceweknya, soalnya kan belum sah. Ibaratnya gue enggak mau gituin orang karena takut nanti punya anak cewek kan juga enggak mau digituin sama orang." - Rivaldi Dani (19tahun, Cibinong)

Aktivitas yang berhubungan dengan seks buat cowok itu adalah pemuasan nafsu, jadi jangan sampai terjebak dengan alasan 'kalau kamu sayang sama aku..', ya, girls. Pastikan kita enggak kelewat batas karena dampaknya bisa sangat besar ke depannya.

(Baca juga: Emang Ciuman Itu Wajib Ya Kalau Udah Pacaran?)

"Kalau masih sekadar pacaran enggak penting. Karena belum ada ikatan sah. Karena enggak ada jaminan orang itu bakalan sama kita selamanya dan orang itu kemungkinan bakalan membicarakan hal-hal tersebut ke orang lain, malah kayak nyebar aib. Ciuman bibir to bibir itu jatuhnya bukan karena sayang atau cinta kalau masih sekadar pacaran, tapi nafsu. Kalau cium kening wajar." - Rofiandanoza (20tahun, Malang)