5 Kesalahan Ini Sering Kita Lakukan Saat Mencuci Brush Makeup!

By Marcella Oktania, Rabu, 10 Januari 2018 | 12:15 WIB
thechrisellefactor.com (Marcella Oktania)

Brush makeup jadi barang penting untuk dimiliki biar pengaplikasikan makeup lebih gampang. Makanya, brush makeup  juga perlu sering dicuci biar enggak membuat masalah ke kulit kita. Tapi, mencuci brush makeup juga enggak bisa sembarang. Yuk intip 5 kesalahan yang sering kita lakukan saat mencuci brush makeup!

Mencuci brush makeup itu penting banget, girls. Ini karena brush makeup kita menumpuk bakteri dan kotoran. Kalau sampai kena ke kulit, adanya kulit kita bakalan bermasalah, lho.

Lebih baik cuci brush makeup kita seminggu sekali. Lebih baik lagi kalau kita bisa mencucinya sekali dalam 3 hari. 

Mencuci brush makeup enggak bisa asal-asalan juga. Kita harus pastikan sabun pembersih benar-benar mengenai brush makeup secara menyeluruh. Kita juga bisa mencuci dua kali kalau merasa brush makeup masih belum benar-benar bersih. 

Pada dasarnya brush makeup memang bisa dibersihkan dengan pembersih apapun. Tapi, lebih baik menggunakan pembersih tanpa wewangian. Takutnya akan menimbulkan iritasi kalau kena kulit kita.

Jenis brush makeup ada dua, yaitu dengan natural atau sintetis. Masing-masing jenis tersebut harus diperlakukan berbeda. Misalnya, kita bisa menggunakan sabun cuci muka untuk mencuci brush makeup sintetis, tapi lebih baik dihindari untuk mencuci brush makeup dengan bulu natural, karena bakal merusak penampilannya.

Setelah dicuci, brush makeup juga harus dikeringkan dengan benar. Cara mengeringkannya juga enggak asal-asalan.

Lebih baik taruh di atas tisu atau dibuat terbalik, dengan bagian bulu menghadap ke bawah. Kalau kita membuat bulu menghadap ke atas, air yang ada bisa mengalir ke bagian gagang dan merusak lemnya, jadi hati-hati, ya.