Buat Kita Pengguna Softlens, Ini 6 Tips Khusus Makeup Biar Mata Enggak Iritasi

By Shafina Rahmanida, Jumat, 26 Januari 2018 | 14:12 WIB
popsugar.com (Shafina Rahmanida)

Seperti yang kita ketahui, kebersihan tangan sebelum memasang lensa kontak sangatlah penting untuk diperhatikan. Maka, kita perlu memasang lensa kontak terlebih dahulu agar tangan kita masih bersih dari berbagai makeup.

(Baca juga: Cara Tepat Memakai dan Merawat Lensa Kontak)

Bagi pengguna lensa kontak, sebaiknya kita tidak mencoba clumpy lashes atau gaya maskara yang sengaja dibuat berantakan dan menggumpal. Enggak mau dong pastinya kalau partikel dari maskara itu ada jatuh ke lensa kontak kita?

Dalam memilih makeup terutama yang diaplikasikan di daerah mata, usahakan gunakan produk yang bebas minyak. Meski produk yang memiliki kandungan minyak sebenarnya tidak akan melukai mata, tapi dapat menyebabkan lensa menjadi buram sehingga pandangan kita menjadi terganggu.

(Baca juga: Peraturan Wajib Sebelum Lepas Lensa Kontak)

Ketika merias mata dengan makeup, kita harus menjauhi daerah dalam kelopak mata yang bersentuhan dengan permukaan bola mata. Karena terdapat kelenjar minyak mata pada bagian antara mata dan bulu mata tersebut, kita perlu berhati-hati agar mata terhindar dari iritasi, kering, infeksi, dan bahkan penglihatan yang buram.

(Baca juga: Hati-hati! Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Lensa Kontak)

Cobalah untuk memilih bedak yang berbentuk pressed powder daripada loose powder. Selain itu, sebaiknya tutup mata kita ketika menggunakan bedak dan tidak usah mengaplikasikannya di daerah sekitar mata.

Sebelum menghapus makeup, pastikan untuk melepas lensa kontak terlebih dahulu.

Selain menjaga kebersihan lensa kontak, jangan lupa juga untuk merawat kebersihan seluruh makeup ya, girls!