6 Cerita Hantu dan Kisah Mistis di Kereta Api. Bikin Merinding!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 18 Mei 2018 | 21:15 WIB
Kereta Hantu Manggarai (Kinanti Nuke Mahardini)

Meskipun rel kereta api merupakan salah satu jalur transportasi umum, namun tetap saja tidak dapat menutupi kisah mistis di balik jalur tansportasi umum tersebut.

Berikut 6 cerita hantu dan kisah mistis tentang kereta api yang bikin kita merinding:

(Baca juga: 8 Orang Biasa Ini Viral Karena Punya Wajah Mirip Seleb Hollywood)

Kita tentu pernah mendengar kecelakaan kereta api Bintaro tahun 1987. Kecelakaan ini dianggap menjadi kecelakaan yang paling parah di dunia perkeretaapian.

Kecelakaan ini melibatkan dua kereta api, yakni kereta api jurusan Tanah Abang – Merak dan kereta api jurusan Rangkasbitung – Jakarta.

Kecelakaan terjadi pada 19 Oktober 1987. Setidaknya 150 orang tewas dan 300 lainnya luka-luka.

Beberapa saksi mata yang pernah tidak sengaja melewati tempat ini mengatakan bahwa sering terdengar jeritan dan tangisan orang minta tolong.

Bau anyir darah tercium di mana-mana. Bukan hanya itu, kepala tanpa tubuh sering terbang melintasi rel kereta ini.

Begitu pula dengan tubuh tanpa kepala yang ada di sepanjang rel kereta api.

Kisah yang satu ini merupakan urban legend di kalangan mahasiswa UI. Cerita yang beredar di tahun 2000an ini mengisahkan tentang seorang mahasiswa yang pulang terlalu malam.

Ia memutuskan untuk naik kereta api untuk pulang ke daerah Tebet. Setelah naik di kereta, ia duduk disamping orang yang pakaiannya terlihat lusuh.

Setelah kereta api berjalan dan sampai di stasiun Tebet, mahasiswa tersebut seolah-olah turun dari kereta.

Ternyata petugas stasiun menceritakan bahwa mahasiswa tersebut berjalan sepanjang rel kereta api dengan tatapan kosong. Padahal mahasiswa tersebut merasa dia naik kereta api.

Stasiun Ketanggungan Barat, Brebes, Jawa Barat merupakan salah satu stasiun yang pernah menjadi saksi bisu kecelakaan antara Kereta Api Gaya Baru dan Kereta Api Empu Jaya.

Kecelakaan tersebut mengakibatkan 45 orang tewas. Sejak saat itu, di sepanjang rel kereta api di stasiun ini sering terdengar suara minta tolong dan beberapa saksi mata pernah melihat perempuan yang bolak-balik di rel tersebut.

Konon, perempuan tersebut merupakan korban kecelakaan yang mencari anggota tubuhnya yang masih hilang.

(Baca juga: 19 Film Hollywood Seru yang Wajib Ditonton di Tahun 2018. Moviegoers Wajib Tahu!)

Stasiun Manggarai dianggap menjadi “gudang” bagi kereta yang tidak terpakai lagi. Kereta bekas kecelakaan juga diletakan di stasiun ini.

Beberapa saksi mata sering melihat anak kecil bermain-main di sepanjang rel kereta dan sekitar stasiun Maggarai.

Bukan hanya itu, beberapa orang juga mengaku pernah melihat kereta api berjalan tanpa masinis dan aliran listrik.

Kisah ini sangat populer di beberapa warga Cirebon dan sekitarnya. Stasiun Kaliwedi merupakan salah satu stasiun kecil di daerah Cirebon.

Kisah mistis di Stasiun ini sudah tidak diragukan lagi. Pertama, beberapa warga mengaku kalau mereka melihat iring-iringan jenazah.

Jenazah tersebut dipercaya sebagai jenazah mereka yang menjadi korban kecelakaan kereta api.

Bukan hanya itu, beberapa warga juga percaya bahwa kita tidak akan mendengar peringatan kereta api akan segera melintas jika melewati tempat ini.

Bukan hanya Stasiun Manggarai yang menjadi gudang kereta yang sudah tidak terpakai, namun Stasiun Purwakarta juga menjadi lokasi penyimpanan kereta yang tidak terpakai.

Kisah mistis ini bermula ketika sekelompok pemuda mabuk di sekitar rel dan Stasiun Purwakarta.

Meskipun mereka sedang mabuk, namun lokasinya tidak begitu berdekatan dengan rel. Ketika kereta api datang, pemuda tersebut terlihat menabrakan diri dan bagian tubuhnya tercecar.

Hingga sampai saat ini, masih sering tercium bau anyir darah dan beberapa organ tubuh terlihat.

(Baca juga: Fenomena Astronomi 'Winter Solstice'. Siang Terpendek & Malam Terpanjang dalam Satu Tahun)