5 Cara Membersihkan Sepatu Kanvas yang Benar Agar Tidak Rusak!

By Shafina Rahmanida, Senin, 25 Desember 2017 | 09:00 WIB
helloallset.com (Shafina Rahmanida)

Meski memang sangat nyaman ketika digunakan, jenis sepatu kanvas juga nyatanya mudah kotor dan menyerap noda. Cara membersihkan yang dapat membuat sepatu tahan lama pun berbeda-beda tergantung bahan sepatu tersebut. Berikut cara membersihkan sepatu kanvas yang tepat dan dijamin tidak akan membuatnya rusak!

(Baca juga: 3 Cara Ampuh Mencuci Sepatu Olahraga atau Sneakers Putih di Rumah)

1. Sebelum mulai membersihkannya, pastikan bahwa sepatu kanvas tersebut dikeringkan terlebih dahulu. Jika ada, cuci tali sepatu secara terpisah. Kemudian, bersihkan kotoran yang menempel di sepatu sebisa kita.

2. Campurkan sabun pembersih dengan air yang secukupnya. Gunakan sikat gigi bekas yang sudah diberikan air pembersih tadi untuk menyikat seluruh bagian sepatu, mulai dari sol hingga bagian dalam sepatu.

(Baca juga: 3 Tips & Trik Mudah Biar Sepatu Selalu Pas dengan Ukuran Kaki Kita)

3. Ketika menyikat bagian sol sepatu, kita dapat melakukannya dengan gerakan ke atas dan bawah. Kemudian, bagian luar sepatu dapat kita sikat dengan gerakan melingkar

4. Jika seluruh kotoran sudah disikat bersih, rendam sepatu dengan air dingin.

5. Sebelum mengeringkan sepatu dengan cara dijemur di bawah sinar matahari, sebaiknya keringkan bagian dalam sepatu terlebih dahulu menggunakan kertas tisu atau handuk bekas.

(Baca juga: 8 Inspirasi Gaya Kasual dengan Canvas Tote Bag Ala Seleb Korea yang Bisa Ditiru)