5 Hal Bermakna Yang Akan Kita Pelajari Menjelang Umur 20an

By Indra Pramesti, Selasa, 2 Januari 2018 | 13:30 WIB
Ini dia hal yang akan kita pelajari di saat berumur 20 tahun! (Indra Pramesti)

Menjelang umur 20 tahun, enggak sedikit dari kita yang merasa khawatir dengan peralihan umur belasan ke dua puluhan. Tenang, girls, perubahan ini enggak seburuk yang kita bayangkan kok. Malah, mempelajari banyak hal yang lebih bermakna lagi. Seperti 5 hal bermakna berikut yang akan kita pelajari menjelang umur 20an.

(Baca juga: 10 Pasangan Zodiak Yang Paling Cocok Di Tahun 2018. Kamu Paling Cocok Sama Siapa, Girls?)

Sahabat datang dan pergi

Menjelang umur 20 tahun, kita bakal belajar kalau yang namanya sahabat akan datang dan pergi. Kita belajar persahabatan enggak selalu bisa bertahan lama. Tapi pada akhirnya kita jadi bisa menemukan persahabatan yang benar-benar kuat.

Banyak gagal, banyak berubah

Kita sadar kalau dalam hidup ini, kita bakal menemukan banyak kegagalan. Tapi dibalik kegagalan itu, kita jadi bisa mengubah cara berpikir kita menjadi lebih bijak dan dewasa.

Jatuh cinta dan patah hati

Ada saatnya kita bakal jatuh cinta yang sungguh-sungguh sama seseorang. Bukan lagi sekadar naksir atau cinta monyet lagi. Sayangnya, perasaan itu bikin kita patah hati. Meskipun sakit, patah hati ini membawa pelajaran tentang sosok seperti apa yang kita inginkan saat pacaran nanti.

(Baca juga: 4 Resolusi di 2018 yang Bisa Bikin Kita Makin Jadi Cewek Keren. Wajib Dicoba!)

Semakin sering membandingkan diri dengan orang lain

Di dunia yang penuh dengan pengaruh media sosial, kita jadi sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tapi jangan sampai membiarkan diri kita jatuh ke lubang yang kita buat sendiri. Kenyataannya kita bisa kok tetap berbahagia tanpa harus membandingkan diri sendiri sama orang lain.

Menemukan jati diri

Dibalik kegagalan dan patah hati yang sudah kita alami, akhirnya kita jadi lebih mengenal jati diri kita yang sesungguhgnya. Kita juga jadi lebih mandiri dan tahu tujuan yang kita inginkan dalam hidup kita.  

(Baca juga: Nasib Percintaan Kita Di Tahun 2018 Berdasarkan Zodiak Kita)