Begini Penampakan Replika Interior Apartemen di Korea Utara. Bisa Menebaknya?

By Debora Gracia, Selasa, 9 Januari 2018 | 07:03 WIB
Menjawab rasa penasaran kita! (Debora Gracia)

Negara Korea Utara selalu menarik untuk diperbincangkan media. Memiliki pemerintah yang otoriter dengan peraturan yang ketat untuk masyarakatnya, mungkin kita pernah penasaran bagaimana bentuk tempat hunian untuk warga Korea Utara.

Rasa penasaran kita terjawab dengan adanya proyek Pyongyang Sallim, yang menunjukkan replika dari apartemen masyarakat yang tinggal di Pyongyang, Korea Utara. Pyongyang Sallim ini dirancang oleh Dongwoo Yim dan Calvin Chua, yang sudah melakukan riset tentang bentuk bangunan dan gaya hidup masyarakat Korea Utara selama bertahun-tahun.

Mau tahu gimana bentuk apartemennya? Yuk, disimak!

(Baca juga: 7 Apartemen dan Rumah Mewah Milik Seleb Kpop. Dijamin Betah Tinggal di Sana!)

Apartemen seluas 36 meter ini terdiri dari lima ruangan, yaitu lounge, ruang makan, dapur, kamar tidur, serta balkon kecil. Di dalam ruangan ini, ada furnitur dan produk yang identik dengan rumah khas Pyongyang. Sedangkan untuk lapisan wallpaper pada dinding, lantai, dan perabotan berasal dari Cina, tempat Korea Utara mengimpornya.

(Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Korea Utara yang Mungkin Belum Kita Tahu)

Secara garis besar, desain apartemen ini retro, sesuai dengan gaya hidup warga Korea Utara. Untuk apartemen ini lebih banyak menggunakan solar panel, atau cara untuk mengkonversikan sinar matahari menjadi daya listrik. Alasannya, untuk penggunaan listrik di Korea Utara sangat dibatasi.

Pyongyang Sallim pernah dipertunjukkan pada Zaha Hadid, di Seoul Biennale pada November 2017 lalu untuk menunjukkan bagaimana wujud masa depan dari Korea Utara. Para desainer dari Pyongyang Sallim ini pun berharap orang di luar sana akan lebih mengenal budaya orang Korea Utara. Gimana, girls? Tertarik enggak untuk menempati atau sekadar mengunjunginya?

GRID.id/Ismayuni Kusmawardani

Artikel ini pernah tayang dengan judul, "Gini loh Penampakan Interior Apartemen di Korea Utara dalam Replika, Kece Juga ya!"