6 Seleb Korea Ini Selalu Dikritik Netizen Karena Visualnya

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 12 Maret 2018 | 09:00 WIB
Ji eun tak (Kinanti Nuke Mahardini)

Korea merupakan salah satu negara yang sangat “kritis” soal urusan standar kecantikan. Seleb korea yang kita lihat sudah mendekati sempurna, beberapa netizen di Korea mengkritik visualnya yang dianggap enggak sesuai dengan standar kecantikan mereka.

Dilansir dari social.diply.com, netizen Korea akan menganggap seorang perempuan cantik apabila memiliki rahang berbentuk V, double eyelids, mata yang bulat, hidung dan mulut yang kecil serta kulit yang mulus.

Berikut seleb Korea yang selalu dikritik oleh netizen karena visual yang dimilikinya:

(Baca juga: 5 Skandal Besar Seleb Korea yang Enggak Terlupakan Hingga Sekarang)

Perempuan dengan nama asli Choi Soo-young ini menjadi salah satu “korban” dari kritikan netizen. Dilansir dari onehallyu.com, knets mengkritik Sooyoung karena wajahnya yang terlalu Asia Tenggara.

Dalam hal ini, mereka mengkritik pipi Sooyoung yang terlalu chubby dan tidak memiliki double eyelids. She apparently looks like Asian and I guess that’s a bad thing.”

Meksipun begitu, tidak sedikit netizen yang membela Sooyoung dan mengatakan bahwa “Sooyoung is one the most beautiful members of SNSD.”

Mereka juga mengkritik visual Sooyoung tidak sesuai untuk jadi aktris, tapi cewek ini membuktikan kalau kemampuan aktingnya patut diacungi jempol.

Pada salah satu forum di allkpop.com, netizen Korea membahas tentang siapa saja idol yang dianggap memiliki visual yang kurang di mata mereka. Salah satu idol yang disebutkan oleh mereka ialah Umji.

Dalam forum yang lain, netizen kembali mengkritik Umji karena ia menutupi wajahnya dengan rambut saat di atas panggung.

“I’ll be honest, she’s not a goddess. However I don’t really think she should like that on her performances. It’s seems she unprofessional on the stage.”

Masih dalam forum yang sama, knets juga menyebutkan bahwa Chaeyoung merupakan salah satu member TWICE dengan visual yang paling tidak memenuhi standar. “After Chaeyoung cut her hair, a lot knets called her ugly.”

(Baca juga: Kalimat Romantis Dari 8 Pasangan Seleb Korea. Bikin Baper!)

Mantan member 2NE1 ini memang memiliki mata yang kecil dan tanpa double eyelids. Dilansir dari koreaboo.com, Kim Jin Kyung mengatakan bahwa dirinya disamakan dengan CL.

Bagi Kim Jin Kyung mirip dengan CL memang membanggakan namun ia tidak suka jika wajahnya yang disamakan dengan CL.

Perkataan Kim Jin Kyung menjadi viral dan beberapa netizen merespon “To be honest Kim Jin Kyung deserves to be mad to hear that she looks like CL. CL is ugly haha.” 

Bukan hanya sekali itu saja, CL sering dikritik soal penampilannya. Namun, CL dengan tegas menolak untuk melakukan operasi plastik dan dia bangga serta mencintai dirinya.

Sikap CL ini patut kita tiru, nih, girls.

Dilansir dari koreaboo.com, pemeran Ji Eun Tak dalam drama Goblin ini juga menjadi kritikan netizen. Beberapa netizen mengatakan bahwa Kim Go Eun tidak terlihat seperti seorang aktris.

Kim Go Eun pernah mengupload foto bare face dia dan mendapat kritikan. Namun, hal itu enggak membuat Kim Go Eun down.

Member Oh My Girl’s, Arin, juga dianggap memiliki visual yang kurang memenuhi standar bagi netizen Korea. Arin dipandang memiliki visual yang terlalu Asia, sama seperti Sooyoung.

Namun dalam forum yang sama, banyak yang membela Arin dan mengatakan bahwa “She’s so adorable and I love her.”

(Baca juga: 5 Kakak Beradik Seleb Indonesia Ini Saking Miripnya, Sering Dikira Saudara Kembar. Setuju?)

Beauty is in the eye of beholder. Artinya, kecantikan itu tidak bisa dinilai secara objektif. Korea mungkin memiliki standar kecantikan sendiri, tapi bukan berarti sosok yang enggak sesuai dengan standar itu enggak cantik.

Yang harus kita ingat adalah berhati-hati untuk berkomentar dan mengomentari fisik seseorang, apalagi menjadikannya sebagai bahan becandaan, itu enggak banget, girls.

Mengejek fisik juga termasuk bully, dan itu bisa berdampak panjang terhadap psikologi orang yang dikritik, termasuk seleb ini.

Dan juga, untuk tidak terlalu fokus pada fisik sehingga kita mengabaikan kelebihan lain yang kita miliki.