3 Tips Belajar dari Iqbaal Ramadhan, Pemeran Dilan, yang Wajib Kita Coba

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 1 April 2018 | 00:45 WIB
Iqbaal Ramadhan (Kinanti Nuke Mahardini)

Cowok dengan nama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhaan atau yang lebih akrab disapa Iqbaal ini merupakan salah satu pelajar dari Armand Hammer Uniterd World College. Ia merupakan satu-satunya wakil Indonesia di sekolah tersebut.

Ditemui dalam acara konferensi pers penunjukan Iqbaal Ramadhan sebagai brand ambassador dari Ruang Guru, ia mengatakan cukup gugup sekaligus senang bisa berkontribusi di salah satu lini pendidikan di Indonesia ini .

Iqbaal yang kini merupakan kelas 3 SMA membagi sejumlah tips belajar yang ampuh untuk teman-teman Cewekbanget.id. Berikut 3 tips belajar ampuh dari Iqbaal Ramadhan:

(Baca juga: Intip Bagaimana Penderita Buta Warna Tritanopia Melihat Dunia!)

Iqbaal mengatakan bahwa ia sering tidak memiliki waktu belajar jika sudah di luar sekolah. Oleh karena itu, kita yang sudah malas belajar di luar sekolah bisa menerapkan tips ini.

Tips dari Iqbaal ialah kita harus fokus dengan apa yang dikerjakan. Jadi, kalau sedang berada di dalam kelas kita harus fokus hanya belajar. Jangan bermain smartphone atau sibuk ngobrol dengan teman.

“Catat pelajaran, kalau belum ngerti, tanya terus ke Guru kita. Jangan pernah malu untuk bertanya dan jangan sampai kita keluar kelas masih ada pelajaran yang belum ngerti. Semua pertanyaan di benak kita harus terjawab.”

(Baca juga: Mirip Banget, Intip Kembaran Ceweknya Member BTS Yuk!)

Tips ini bagi Iqbaal merupakan tips paling ampuh karena baginya dengan mengingat orang tua atau orang yang disayang lainnya seperti kakek-nenek, kita bisa lebih semangat belajar.

Kalau perlu, pasang foto orang tua saat kita belajar agar fokus. Matikan data untuk instagram dan aplikasi media sosial.

Setelah bersekolah di Armand Hammer United Wolrd College, Iqbaal mengatakan bahwa learning by doing lebih efektif. Oleh karena itu, perbanyak latihan soal seperti latihan-latihan soal yang terdapat pada aplikasi Ruang Guru.

(Baca juga: 7 Film Hollywood dengan Semangat Girl Power yang Wajib Ditonton)