Panggilang ‘Sayang’ Buat Pacar Di Berbagai Belahan Dunia. Mana Panggilan Favoritmu?

By Indra Pramesti, Senin, 8 Januari 2018 | 10:00 WIB
Mana panggilan favorit kamu, girls? (Indra Pramesti)

Sayang, darling, honey, other half, hingga bae, udah menjadi panggilan kita buat pacar sehari-hari. Tapi tahu enggak sih, girls, seperti apa pasangan di belahan dunia lainnya memanggil pacar mereka?

Cewekbanget udah merangkum beberapa panggilan ‘sayang’ dari berbagai bahasa di dunia. Mana panggilan favorit kamu?

(Baca juga: Selain Boyfriend, Ini Dia 8 Alternatif Panggilan Buat Pacar yang Lebih Seru)

Di Jepang, ada dua pilihan buat memanggil pacar. Yang pertama, karena enggak ada padanan kata ‘darling’ dalam bahasa Jepang, mereka sering menggunakan sebutan ‘Kuma’ yang artinya ‘beruang’ atau ‘Hoshi’ yang artinya ‘pangeran’.

Panggilan lainnya adalah dengan menambah akhiran ‘-tan’ atau ‘-nyan’ di akhir nama pacar kita. Orang Jepang terbiasa memanggil nama seseorang dengan penambahan akhiran ‘-san’ supaya terkesan sopan.

‘Tan’ dan ‘nyan’ memberi kesan yang lebih cute.

Jadi misalnya, kalau pacar kita bernama Leo, maka dengan penambahan akhiran ‘tan’ dan ‘nyan’, kita akan memanggilnya dengan Leo-tan.

Buat yang suka K-pop atau nonton drama Korea, pasti enggak asing dengan panggilan ini. Yap, ‘Jagiya’ sering digunakan anak muda di Korea buat memanggil pacarnya.

Dalam bahasa Jerman ‘Liebling’ memiliki makna yang sama seperti ‘darling’. Berasal dari kata ‘Liebe’ yang berarti ‘cinta’.

Lucunya lagi, ‘Liebling’ memiliki arti ‘favorit’ yang kurang lebih memiliki arti ‘my favorit person’. Cocok banget jadi panggilan buat pacar kita, kan?

Sebutan lainnnya adalah ‘Süsse’ atau ‘Süsser’ yang memiliki arti ‘sweetie’. Secara harfiah, dalam bahasa Jerman, ‘Süss’ memiliki arti ‘manis’.

‘Süsse’ adalah panggilan pacar perempuan, sementara ‘Süsser’ adalah panggilan buat pacar laki-laki.

Bahasa Perancis punya beberapa padanan kata yang memiliki arti seperti beberapa panggilan sayang dalam Bahasa Inggris. ‘Mon amor’ memiliki arti ‘my love’, 'Ma chérie' sama seperti sebutan 'darling' dalam bahasa Inggris.

‘Ma moitie’ memiliki arti ‘my other half’ atau juga sering diartikan sebagai ‘partner in crime’.

Sebutan yang enggak hanya cocok buat pacar, tapi juga bisa digunakan buat sahabat atau saudara kita.

Dalam Bahasa Perancis, ‘loulou’ secara harfiah enggak memiliki arti, tapi dalam bahas Inggris, ‘mon loulou' memiliki padanan yang sama seperti ‘my honeypie’.

‘Mon loulou’ adalah panggilan buat pacar laki-laki, sementara ‘ma louloutte’ panggilan buat pacar perempuan.

Dalam bahasa Italia ada beberapa kata yang bisa kita gunakan buat memanggil pacar kita, seperti ‘Amore Mio’ yang artinya ‘my love’, ‘Bello’ (tampan), atau ‘Ciccino’ (darling).

Dalam bahasa Spanyol, beberapa kata yang bisa digunakan buat memanggil pacar adalah, ‘Mi Amor’ yang memiliki arti ‘my love’ dan ‘Corazón’ secara harfiah berarti ‘hati’, tapi kalau digunakan sebagai panggilan akan memiliki padanan arti ‘sweetheart.

(Sumber: lilyshine.com, dw.com, fluentu.com)

(Baca juga: Menurut Zodiak, Ini Cara Cowok Bilang ‘I Love You’ Tanpa Harus Mengatakannya!)