4 Cara untuk Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri Saat Putus dari Pacar

By Debora Gracia, Sabtu, 3 Februari 2018 | 13:36 WIB
Harus kuat! (Debora Gracia)

Putus dari pacar memang menyakitkan, apalagi kalau kita terpaksa harus berpisah pas lagi sayang-sayangnya. Maunya jadi nangis di kamar, enggak mood melakukan aktivitas, dan akhirnya muncul dalam pikiran, mungkin ini memang kesalahan kita. Kita jadi merasa kurang perhatian atau kurang menunjukkan rasa sayang sama pacar waktu masih jadian.

Berhenti terus-menerus berpikir seperti itu, girls, karena enggak baik untuk diri kita. Ini 4 cara untuk berhenti menyalahkan diri sendiri saat putus dari pacar.

Kegagalan itu pasti terjadi dalam hidup ini, termasuk tentang menjalin hubungan dengan seseorang. Pasangan yang sudah menikah saja bisa cerai, gimana kita yang masih pacaran? Kadang putus bukan berarti dunia kita jadi ikut runtuh juga, pasti ada deh tujuan baik yang nantinya akan jadi bekal buat kita menjalin hubungan lain dengan orang lain.

Tahu apa nilai diri kita, sayang sama diri sendiri, pasti dengan gitu, kita berhenti menyalahkan diri sendiri.

(Baca juga: Cara Terbaik Minta Putus dengan Pacar, Dilihat dari Zodiak Dia)

Kalimat ini terjadi kalau kata putus datang dari dia. Cowok itu enggak gampang bilang putus, jadi kalau misalkan dia memang mutusin kita, percaya deh girls itu sudah dia pertimbangkan matang-matang juga dengan konsekuensinya. Jadi, berhenti menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi.

Beda kalau kita yang mutusin, jangan pernah menyesal dengan keputusan yang sudah kita ambil, ya.

(Baca juga: Putus dengan Pacar? Jangan Galau, Justru Ini 5 Hal yang Harus Kita Syukuri!)

Kedengarannya klise, tapi waktu memang akan bikin kita kuat dengan sendirinya. Kita akan banyak belajar dari hubungannya yang lama. Daripada bilang 'Semua cowok itu sama. Aku enggak mau pacaran lagi.' lebih baik bilang ke diri kita, 'Mungkin yang ini aku gagal. Tapi pasti ke depannya aku bisa berusaha lebih baik lagi.'

Pacar itu bukan hanya satu-satunya orang yang sayang sama kita. Kalau kita lebih peka, banyak orang yang sayang sama kita, seperti keluarga dan sahabat. Mereka pasti mau mendengarkan semua kesedihan kita dan akan menguatkan kita. Jadi, jangan pernah menyimpan rasa sakit sendirian, ya.