Ini Bedanya Status 'Last Seen' dan 'Online' di WhatsApp. Biar Enggak Salah Paham!

By Debora Gracia, Senin, 15 Januari 2018 | 09:50 WIB
Wajib tahu, nih! (Debora Gracia)

Buat kita yang sering memakai aplikasi chat WhatsApp, pasti sudah enggak asing dengan tulisan last seen dan online, yang terletak di bawah foto profile kita atau pengguna WhatsApp yang lain. Sebenarnya keduanya punya makna yang berbeda, lho! Penasaran? Cek yuk perbedaan status last seen dan online di WhatsApp biar enggak salah paham.

Dilansir dari Kompas.com, status online artinya kontak yang mau kita hubungi sedang terhubung atau lagi membuka aplikasi WhatsApp, baik melalui smartphone atau WhatsApp Web. Artinya, WhatsApp benar-benar lagi dalam keadaan berjalan.

Tapi bukan berarti hanya karena ada status online, chat yang kita kirim bisa langsung dibaca. Karena bisa saja sedang membaca chat lain yang masuk dan belum sempat mengecek chat dari kita atau sedang menulis chat ke orang lain. Nah, jadi kalau ngechat gebetan lewat WhatsApp biar paham, nih, he-he.

(Baca juga: 10 Rahasia WhatsApp yang Selama Ini Sering Jadi Pertanyaan dan Bikin Chat Jadi Makin Seru)

Sesuai dengan sebutannya, status last seen itu artinya waktu terakhir aplikasi WhatsApp dibuka oleh pengguna kontak. Makanya, status ini selalu diikuti dengan keterangan waktu. Kalau pun status last seen seorang kontak enggak bisa kita lihat ada beberapa sebab.

Pertama, kontak tersebut memang menyembunyikan status last seen, atau kita menyembunyikan status last seen diri sendiri sehingga bisa melihat status last seen orang lain. Kemungkinan terakhir, pengguna tersebut memblokir kita.

Ketika diblokir oleh seorang kontak, maka kita juga enggak bisa tahu kontak yang bersangkutan sedang online atau tidak. Status online enggak bisa dimatikan di WhatsApp, kecuali dengan memutus sambungan internet (mobile data) atau melakukan rooting.

Kalau pengin tahu cara menyembunyikan status last seen, bisa baca di sini selengkapnya, ya.

Kompas.com/Rizky Chandra Septania

Artikel ini pertama kali tayang dengan judul, "Apa Bedanya Status "Last Seen" dan "Online" di WhatsApp?"