7 Rapper di Grup Kpop yang Juga Sukses dengan Karier Solo. Ada Favoritmu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 16 Januari 2018 | 09:30 WIB
Rapper grup kpop sukses solo karir (Kinanti Nuke Mahardini)

Ada satu posisi penting di dalam grup Kpop, yaitu rapper. Enggak hanya sukses bersama grup, rapper ini juga mengembangkan karier dengan menjadi solois.

Berikut 7 rapper di grup Kpop yang juga sukses dengan karier solo. Ada favoritmu?

(Baca juga: 7 Pasang Seleb Kpop di Dalam Satu Grup Ini Punya Nama yang Sama/Hampir Mirip. Jadi Bingung Memanggilnya

rapperrap,

Act III: M.O.T.T.E World Tour. Dilansir dari allkpop.comtotal fans yang datang pada konser ini adalah 654.000 dan menjadi salah satu konser idol kpop paling sukses. 

Setelah 2NE1 bubar, CL masih bisa bertahan dengan karir solonya. Ia pernah berkolaborasi dengan sejumlah musisi internasional seperti Diplo, Riff Raff, OG Maco dengan single Doctor Pepper.

Ia juga melakukan kolaborasi dengan Skrillex pada isingle Dirty Vibe; kolaborasi dengan PSY pada single Daddy; dan kolaborasi bersama Lil Yachty dan Shaiana dengan judul Surrender.

Tahun 2017, ia mengisi salah satu soundtrack film My Little Pony: The Movie.

Member f(x) yang satu ini juga sangat ahli dalam rap. Salah satu single yang sangat terkenal ialah Borders yang masuk dalam 200 lagu rap di Korea.

Saat ini Amber sedang mempersiapkan comebacknya bersama f(x) yang direncanakan pada pertengahan 2018.

Leader dari grup kpop ‘Block B’ ini juga memiliki kemampuan rap yang luar biasa. Sekitar 40 single solonya sudah ia buat.

Zico memiliki 1 album mini dan 1 album studio. Ia terakhir merilis single yang berjudul I am You Are, You Are Me. Dalam single tersebut, Zico bukan hanya melakukan rap, namun ia juga menyanyi.

(Baca juga: 8 Kpop Idol jadi Aktor yang Enggak Disangka Bisa Akting dengan Baik. Ada Idolamu?)

Leader BTS yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuan rap alami yang ia miliki. Baru-baru ini ia berkolaborasi dengan Fall Out Boys.

Dilansir dari allkpop.com, netizen Korea sangat bangga memiliki rapper berbakat. Bukan hanya itu, musisi luar negeri juga memberikan RM dengan julukan raps like a monster.

Debut di tahun 2012 di bawah naungan 'FNC Entertainment', Shin Ji Min menjadi salah satu rapper yang paling sukses.

Di 2015, ia menjadi semi finalis pada Unpretty Rapstar dan sukses berkolaborasi dengan Seulong pada judul lagu Good Start dan Puss dengan Iron. 

Di 2016, ia juga debut solo pada single Call You Bae featuring Xiumin. Tahun ini, Jimin kabarnya akan segera comeback, nih.

Rapper EXID yang satu ini bukan hanya aktif pada grupnya, namun juga pada solo karirnya.

Di bawah naungan Banana Culture Entertainment, LE merilis mini album yang bertajuk A Talk. 

(Baca juga:4 Video Seleb Kpop Viral Ini Sempat Bikin Salah Paham Adanya Aksi Kasar & Kekerasan)